Jurnal Pendidikan Biologi

ISSN Print 2086-2245 | ISSN Online 2502-3810

Jurnal ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian dan praktik, memberikan informasi, ide-ide dan pendapat, selain analisis kritis kemajuan dalam penelitian pendidikan biologi. Melalui cakupan perkembangan kebijakan dan kurikulum, hasil terbaru dari penelitian serta aplikasinya dalam pengajaran, pembelajaran dan penilaian biologi dimasa yang akan datang. Penekanan khusus ditempatkan pada penelitian yang relevan dengan praktek pendidikan, dipandu oleh realitas pendidikan dalam sistem, sekolah, perguruan tinggi dan universitas.

Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik nasional yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini diterbitkan tiga kali dalam setahun dibulan April, Agustus, dan Desember. Jurnal ini menyajikan hasil penelitian dibidang Pendidikan Biologi. Jurnal ini telah memiliki ISSN Print pada tanggal 1 April 2012 dengan nomor ISSN Print 2086-2245 dan ISSN Online pada tanggal 4 November 2015 dengan nomor ISSN 2502-3810 dan ditetapkan dengan SK no. 0005.25023810/JI.3.1/SK.ISSN/2016. Berdasarkan SK ISSN online tersebut, maka Jurnal Pendidikan Biologi sudah memiliki ISSN Online mulai mulai edisi Vol. 5, No. 2, Februari 2016.


Journal Homepage Image

Vol 6, No 1 (2016)

Jurnal Pendidikan Biologi

Table of Contents

Articles

Analisis Buku Biologi SMA Kelas X Materi Kingdom Animalia Berdasarkan Literasi Sains Se-Kabupaten Deli SerdangPDF
Fitriana Siregar, Hasruddin Hasruddin, Ely Djulia 
Uji Kelayakan Penuntun Praktikum Genetika Berbasis Keterampilan Proses Sains Berdasarkan Ahli Materi dan Ahli DesainPDF
Ivan Lauren, Fauziyah Harahap, Tumiur Gultom 
Efektivitas Penggunaan Portofolio pada Perkuliahan Mikrobiologi Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar MahasiswaPDF
Shofia Lubis, Hasruddin Hasruddin, Mahmud Mahmud 
Analisis Pengetahuan Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal pada Pola Pemupukan, Pergiliran Tanaman dan Kebersihan Ladang Masyarakat di Kabupaten Karo dan Kabupaten Deli SerdangPDF
Permata Ginting, Syarifuddin Syarifuddin, Fauziyah Harahap 
Pengembangan Penuntun Praktikum Ekologi Tumbuhan Berbasis Literasi SainsPDF
Tini Rosalia Gultom, Binari Manurung, Fauziyah Harahap 
Pengembangan Buku Ajar Biologi Topik Ekologi Kelas Vii SMP Berbasis Penemuan Terbimbing dengan Memanfaatkan Lingkungan Kebun SayurPDF
Tresia Valentina Depari, Binari Manurung, Mufti Sudibyo 
Analisis Kesulitan Belajar Siswa Materi Bioteknologi SMA Negeri Se- Kabupaten Rokan HilirPDF
Zulpadly Zulpadly, Fauziyah Harahap, Syahmi Edi 
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Penemuan Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri 1 LangsaPDF
Cut Badzlina Roza, Hasruddin Hasruddin, Syahmi Edi 
Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 1 Bendahara Aceh TamiangPDF
Fauzi Fauzi, Binari Manurung, Syahmi Edi 
Pengaruh Blended Learning Berbasis Edmodo dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi dan Retensi Siswa pada Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 5 MedanPDF
Utami Alam Daulay, Syarifuddin Syarifuddin, Binari Manurung