Pengaruh Penggunaan Media Animasi dan Pengetahuan Awal Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia di Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, W., O. dan Husnil K. 2011.Penggunaan Alat Peraga dari Bahan Bekas dalam Menjelaskan Sistem Respirasi Manusia di MAN Sawang Kabupaten Aceh Selatan.Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi: Biologi Edukasi. 3(2): 51-55.
Aji, S. D. 2011. Peningkatan Kemampuan Siswa Melalui Pembelajaran dengan Macromedia Flash 8 di SMP Negeri 02 Singosari Kabupaten Malang.Jurnal Inspirasi Pendidikan. Universitas Kanjuruhan Malang. 1 (1): 67-68.
Arsyad, A. 2013.Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dewi, N. M. 2010. Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT ditinjau dari Keingintahuan dan Minat Belajar Siswa.Tesis.Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret
Isnaini, M., Indah W., dan Resti O. 2015.Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Torso Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia SMP Negeri 19 Palembang.JurnalBiota. 1 (1): 42-51.
Kristanti P. 2006.Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Sederhana Pada Pengajaran Langsung Terhadap Prestasi Belajar IPA (Fisika) Siswa Kelas VIII Di SMPN I Cerme Pada Pokok Bahasan Bunyi. (Online) (http://digilibunesa. org/index.php?r=digilib/tugasAkhir&Skripsi_page=20&Thesis_so rt=No.desc&Skripsi_sort=keyword., diakses tanggal 10 Januari 2016).
Maria, M. D. 2013. Pengaruh Media Animasi dan Kemampuan Awal Siswa Sma Karya Terhadap Hasil Belajar Sistem Gerak Manusia.Artikel Penelitian. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pmipa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak.
Maryanto, B. 2010.Pengaruh Media Animasi Terhadap Penguasaan Konsep Sistem Sirkulasi pada Siswa XI IPA SMA N 1 Indralaya. (Online) (http://pdfsearchpro.com/pdf/media-anima si-budi-maryanto.html, diakses tanggal 10 Oktober 2015).
Rahmatullah, M. 2011. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12 (1): 178-186.
Smaldino, S. E., dan Deborah, L. L. 2008. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Prenada Media Group.
Sofiyah.2010. Pengaruh Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa.Skripsi.Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suryono.(2014).Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA dan Keterampilan Bertanya Siswa Tentang Keanekaragaman Makhluk Hidup di SMP Negeri 1 Tanjungmorawa.Tesis. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
Suyanik. 2010. Pengaruh Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dengan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Strategi ARIAS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM Malang. Tesis.Program Pascasarjana Program Study Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang.
Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Group.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v7i1.10396
Article Metrics
Abstract view : 760 timesPDF - 598 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jurnal Pendidikan Biologi: Journal of Biology Education by Department of Biology Education, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Medan. Dikelola oleh Jurnal Universitas Negeri Medan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2086-2245 | e-ISSN (Online) 2502-3810