Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Tatanan Group Investigation Terhadap Berpikir Tingkat Tinggi Di USI Pematangsiantar
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Boondee, V., Kidrakarn. & Sa-Ngiamvibool (2011). A Learning and Teaching Model using Project-Based Learning (PBL) on the Web to Promote Cooperative Learning. European Journal of Social Sciences. 21 (3): 498-507.
Dimyati & Mudjiono (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Eliawati (2011). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Partisipasi dan Prestasi Belajar pada Materi Pokok Jamur Siswa Kelas X di MAN Gandekan Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Istarani (2012). 50 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Mahanal, S., Darmawan, E., Corebima, A.D., Zubaidah, S (2009). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. Universitas Negeri Malang.
Marlinda, M (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kinerja Ilmiah Siswa. Jurnal Penelitian Pascasarjana UNDIKSHA. (Vol 2, No 2 Tahun 2012).
Martomidjoyo, R (2009). Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Sains. Tersedia pada:http://russamsimartomidjojocentre.bl ogspot.com/2009/05/keterampilan-proses- sains.html, diakses pada tanggal 03 Desember 2014.
Munawaroh, R., Subali. & Sopyan (2012). Penerapan Model Project Based Learning dan Kooperatif untuk Membangun Empat Pilar Pembelajarn Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal (UPEJ). 1 (1): 33-37.
Rusyana, A & Setiawan, I. (2010). Prinsip-prinsip Pembelajaran Efektif. Jakarta: Trans Mandiri Abadi.
Samatowa, U (2010). Bagaimana Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Sanjaya, W (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slavin, R.E (2010). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Sudewi, N. L., Saubagia, I. W., Tika, I. N.(2014). Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Taksonomi Bloom. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Volume 4 Tahun 2014).
Trianto (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Widiyatmoko, A. & Pamelasari, S.D (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII). 1(1): 51-56.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v7i1.8894
Article Metrics
Abstract view : 503 timesPDF - 257 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jurnal Pendidikan Biologi: Journal of Biology Education by Department of Biology Education, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Medan. Dikelola oleh Jurnal Universitas Negeri Medan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2086-2245 | e-ISSN (Online) 2502-3810