Guidelines For Author

Petunjuk Umum

  1. Ketentuan penulisan manuskrip dalam Jurnal Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Medan mengacu pada Publication Manual of the American Psychological Association (APA Style)
  2. Manuskrip dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan menggunakan kaidah tata bahasa yang baik dan benar. Penulisan manuskrip dalam bahasa Inggris umumnya dalam bentuk past tense.
  3. Manuskrip yang ditulis dalam bahasa Inggris atau penulis yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, harus dikirim ke English Editor terlebih dahulu untuk diperiksa tata bahasa Inggrisnya.
  4. Manuskrip ditulis dalam format MS Word dengan ukuran halaman A4 (210 x 297 mm), single-column dengan layout teks sesederhana mungkin. Dianjurkan untuk hanya menggunakan fasilitas penulisan yang disediakan dalam MS Word (bold, italics, subsripct, superscript, equation, dll).
  5. Semua bagian teks dalam manuskrip ditulis dengan menggunakan huruf Times New Roman.
  6. Panjang manuskrip ilmiah hendaknya berkisar antara 4000 kata atau kurang lebih 8-12 halaman, termasuk gambar, grafik dan tabel (jika ada) yang menyertainya.
  7. Gambar dan tabel hanya untuk menerangkan hal-hal yang tidak mudah diterangkan dalam teks. Harap dipastikan bahwa kualitas dan ukuran gambar yang disajikan cukup memadai untuk menghasilkan kualitas cetak yang baik.
  8. Penulis yang naskahnya akan dimuat pada Jurnal Pendidikan Biologi, hanya akan menerima 1 eksemplar cetak lepas naskah tulisannya. Jika penulis membutuhkan lebih dari 1 eksemplar, maka penulis harus membayar sesuai dengan ketentuan.

 

Petunjuk Khusus

  1. Istilah-istilah dalam bahasa asing atau bahasa daerah dalam teks ditulis dalam huruf italic.
  2. Tinjauan pustaka (literature review) tidak dicantumkan sebagai bagian dari struktur manuskrip. Dengan demikian pengutipan pustaka yang dianggap penting dapat dipadukan dalam bab pendahuluan (introduction) atau dalam pembahasan.
  3. Pengutipan pustaka dalam pembahasan seperlunya saja dan yang lebih diutamakan adalah pembahasan terhadap hasil analisis data yang ditemukan sendiri.

 

Format/Struktur Isi dan Sistematika Manuskrip

Isi dan sistematika manuskrip yang ditulis dipaparkan secara naratif menggunakan format essai dalam bentuk paragraf, dan tidak menggunakan sistematika pembaban rinci seperti skripsi/ tesis/ disertasi (tanpa penomoran di depan sub judul) dan harus memuat komponen:

1. Judul

Judul sebaiknya ringkas dan lugas menggambarkan isi tulisan. Boleh mengguna-kan judul yang kreatif dan menarik minat pembaca (maksimal 15 kata). Lokasi penelitian dipaparkan di bagian metode, tidak disebut di judul.

2. Nama Penulis

Tuliskan nama lengkap penulis tanpa gelar,  instansi tempat penulis bekerja/ belajar, dan alamat korespondesi (e-mail) penulis.

3. Abstract/Abstrak

Ditulis dalam Bahasa Inggris dan dalam Bahasa Indonesia. Diketik satu spasi, maksimum 200 kata memuat antara lain: hipotesis, subjek penelitian, metode dan hasil.

4. Keywords/Kata Kunci

Kata-kata pokok dalam penelitian, dapat diambil dari variabel penelitian, karakteristik subjek penelitian, dan teori yang diacu (minimum tiga  kata atau gabungan kata, ditulis berdasarkan urutan abjad).

5. Pendahuluan

Uraikan tentang latar belakang permasalahan, tujuan dan manfaat penelitian, kajian teori, dan  diakhiri dengan hipotesis (jumlah halaman maksimal 20%). Berisi; (a) paparan perkembangan terkini bidang ilmu yang diteliti yang argumentasinya didukung oleh hasil kajian pustaka primer dan mutakhir; (b) paparan kesenjangan; (c) argumentasi peneliti dalam menutup kesenjangan tersebut sebagai janji kontribusi penelitian bagi perkembangan ilmu; dan (d) paparan tujuan penelitian.

6. Metode

Berisi identifikasi variabel, partisipan penelitian (harap dituliskan bahwa partisipan telah menandatangani Informed Consent atau pernyataan bahwa penelitian telah memenuhi etika penelitian), instrumen penelitian, dan metode penelitian termasuk teknik analisis statistik yang digunakan (jumlah halaman maksimal 20%). Berisi paparan tentang segala sesuatu yang memang dilakukan oleh peneliti dalam melakukan penelitian secara jelas seolah olah memberi peluang peneliti lain untuk melakukan replikasi atau verifikasi terhadap penelitiannya. Hindari definisi-definisi yang dikutip dari buku.

7. Hasil dan Pembahasan

Hasil penelitian terdiri dari statistika deskriptif, hasil uji asumsi, dan hasil uji hipotesis kemudian dianalisis secara kritis (maks. 20%) dipaparkan secara berurutan atau terpadu. Paparan bagian hasil berisi hasil analisis data. Jika ada tabel/bagan/gambar berisi paparan hasil analisis yang sudah bermakna dan mudah dipahami maknanya secara cepat. Tabel/bagan/gambar tidak berisi data mentah yang masih dapat atau harus diolah.

Penjelasan mengenai hasil penelitian, dikaitkan dengan hasil penelitian-penelitian sebelumnya, dianalisis secara kritis dan dikaitkan dengan literatur terkini yang relevan  (jumlah halaman maksimal 30-40%). Paparan bagian diskusi berisi pemberian makna secara substansial terhadap hasil analisis dan perbandingan dengan temuan-temuan sebelumnya berdasarkan hasil kajian pustaka yang relevan, mutakhir dan primer. Perbandingan tersebut sebaiknya mengarah pada adanya perbedaan dengan temuan penelitian sebelumnya sehingga berpotensi untuk menyatakan adanya kontribusi bagi perkembangan ilmu. Diskusi diakhiri dengan rumusan kesimpulan dan saran.

8. Kesimpulan

Isi kesimpulan merupakan jawaban dari tujuan penelitian bukan rangkuman hasil penelitian. Kesimpulan dan saran dibuat secara ringkas, jelas dan padat didasarkan pada hasil dan diskusi (maks. 1 hlm), dibuat  dalam bentuk alinea (bukan numerik), berisi temuan penelitian sebagai sintesis antara hasil analisis data dan hasil pembahasan, serta lebih menonjolkan hal-hal yang baru yang memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pendidikan biologi.

9. Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih disampaikan dalam kalimat yang singkat mencakup semua sumber dukungan finansial kelembagaan, perorangan, swasta dan perusahaan yang mendukung penelitian sepenuhnya dan setiap catatan yang berpotensi mengurangi konflik.

10. Kepustakaan

Tuliskan daftar pustaka yang menjadi acuan secara alfabetis dan kronologis. Daftar Pustaka adalah Daftar Acuan (Referensi) bukan Bibliografi, maka harus memuat semua sumber yang diacu dalam Manuskrip, dan tidak perlu memuat sumber yang tidak diacu. Daftar rujukan berisi semua yang dirujuk dalam teks yang berasal dari sumber yang; (a) relevan, (b) minimal 80% mutakhir (10 tahun terakhir), dan (c) minimal 80% primer, terutama dari Manuskrip jurnal.

 

Berikut ini disajikan contoh-contoh penulisan daftar pustaka;

(a) Contoh penulisan jurnal tanpa Digital Object  Identifier (DOI)

Light, M. A., & Light, I. H. (2008). The geographic expansion of Mexican immigration in the United States and its implications for local law enforcement. Law Enforcement Executive Forum Journal, 8(1), 73-82.

Arbiyah, N., Nurwianti, F., & Oriza, D. (2008). Hubungan bersyukur dengan subjective well being pada penduduk miskin. Jurnal Psikologi Sosial, 14(1), 11-24.

(b) Contoh penulisan jurnal dengan DOI

Herbst-Damm, K. L., & Kulik, J. A. (2005). Volunteer support, marital status, and the survival times of terminally ill patients. Health Psychology, 24(1), 225-229. http://dx.doi.org/10.1037/0278-6133.24.2.225

(c) Contoh penulisan Manuskrip majalah

Chamberlin, J., Novotney, A., Packard, E., & Price, M. (2008, May). Enhancing worker well-being: Occupational health psychologists convene to share their research on work, stress, and health. Monitor on Psychology, 39(5). 26-29.

(d) Contoh penulisan Manuskrip majalah online

Clay, R. (2008, June). Science vs. ideology: Psychologists fight back about the misuse of research. Monitor on Psychology, 39(6). Diunduh dari: http://www.apa.org/monitor/ tanggal 10 Agustus 2012.

(e) Contoh penulisan Manuskrip koran tanpa penulis

Six sites meet for comprehensive anti-gang initiative conference. (2006, November/December). OJJDP News @ a Glance. Diunduh dari:  http://www.ncjrs.gov/htmllojjdp/news_acglance/216684/topstory.htmI tanggal 10 Agustus 2012

(f) Contoh penulisan tesis atau disertasi yang tidak dipublikasikan

Rimawati, A. B. (2010). Model teoretik prasangka sosial. (Disertasi tidak dipubli­kasikan). Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

(g) Contoh penulisan buku

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi (ed.2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

(h) Contoh penulisan buku dengan editor

Cone, J. D. (1999). Observational assessment: Measure development and research issues. Dalam P. C. Kendall, J. N. Butcher, & G. N. Holmbeck (Eds.), Handbook of research methods in clinical psychology (hlm. 183-223). New York: Wiley.

(i) Manuskrip dari universitas yang tidak dipublikasikan

Nuryati, A., & Indati, A. (1993). Faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar. Manuskrip tidak dipublikasikan, Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.