PENGARUH METODE THINK-TALK-WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSURE-UNSUR INTRINSIK CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Try anisa lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Think-Talk-write terhadap kemampuan menganalisis Unsur-unsur Intrinsik Cerpen Oleh Siswa kelas X SMA Negeri 17 Medan tahun pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 214 orang siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata 63.125, standar deviasi 7.88, dengan berkategori sangat baik 0%, berkategori baik 16%, berkategori sedang 34%, berkategori kurang 41% dan berkategorikan kurang sekali 9% Sedangkan hasil post-test diperoleh rata-rata 74.84 , standar deviasi 8.14, dengan berkategori sangat baik 19%, berkategori baik 41%, berkategori sedang 34%, berkategori kurang 6%, dan berkategori sangat kurang 0%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 5.8 ; setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan df = N-1 = 32 – 1 = 31, dari df 31 diperoleh taraf signifikan 5% = 2.02. karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 5.8 > 2.02, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan Metode Think-Talk-write berpengaruh positif terhadap kemampuan menganalisis Unsur-unsur Intrinsik Cerpen Oleh Siswa kelas X SMA Negeri 17 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Kata Kunci: pengaruh, metode think-talk-write, kemampuan, unsur intrinsik cerpen

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v2i4.1490

Article Metrics

Abstract view : 270 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Try anisa lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.