Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu Terhadap Kemampuan Menemukan Nilai Moral Dalam Cerpen “Si Cacat” Karya Aisyah Wulansari Siswa Kelas X SMANegeri 1 Tanjung Tiram Tahun Pembelajaran 2012/2013

Luthfi Hirmainy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
modelPembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu Terhadap
Kemampuan Menemukan Nilai Moral Dalam Cerpen “Si Cacat” Karya Aisyah
Wulansari Siswa Kelas X SMA Negeri I Tanjung Tiram Tahun Pembelajaran
2012/2013. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang di kelas eksperimen dan
30 orang di kelas kontrol, dari 177 populasi yang terdiri dari 5 kelas. Teknik
yang digunakan dalam penentuan sampel adalah teknik sampel acak kelas. Kelas
eksperimen dikenai perlakuan dengan model kooperatif tipe Dua Tinggal Dua
Tamu, sedangkan kelas kontrol dikenai perlakuan dengan model
konvensional.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen dengan desain penelitian two group post test desaign.Untuk
memperoleh data digunakan tes essay menemukan nilai moral dalam
cerpen.Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah
81,16 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 67,53. Berdasarkan hasil analisis
data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model tipe Dua Tinggal Dua Tamu
berpengaruh positif terhadap kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen
“Si Cacat” karya Aisyah Wulansari pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung
Tiram Tahun Pembelajaran 2012/ 2013.
Kata Kunci: Pengaruh–Model Dua Tinggal Dua Tamu–Menemukan
nilai moral cerpen

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v3i3.1567

Article Metrics

Abstract view : 162 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Luthfi Hirmainy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.