Hubungan Penguasaan Kalimat Efektif dan Kosakata dengan Kemampuan Menulis Hasil Wawancara Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Barumun Tahun Pembelajaran 2015/2016

Munawir Sajali Hasibuhuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan penguasaan kalimat efektif dengan kemampuan menulis hasil wawancara, hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis hasil wawancara serta hubungan penguasaan kalimat efektif dan kosakata dengan kemampuan menulis hasil wawancara siswa kelas X SMA Negeri 1 Barumun Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Barumun sebanyak 221 orang dan pengambilan sampel dilakukan secara Random Sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional kuantitatif. Data penguasaan kalimat efektif dan kosakata dengan menggunakan tes objektif yang valid sebanyak 45 soal dan tes essay untuk menjaring kemampuan menulis hasil wawancara siswa. Sebelum melakukan pengujian data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan ananlisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka data berdistribusi normal. Pengujian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknis analisis regresi ganda.

Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh hipotesis satu disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penguasaan kalimat efektif dengan kemampuan menulis hasil wawancara. Hipotesis kedua menujukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis hasil wawancara. Selanjutnya hipotesis ketiga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara penguasaan kalimat efektif dan kosakata dengan kemampuan menulis hasil wawancara kelas X SMA Negeri 1 Barumun Tahun Pembelajaran 2015/2016.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v5i4.7044

Article Metrics

Abstract view : 255 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Munawir Sajali Hasibuhuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.