PENGARUH MEDIA TELEVISI “MY TRIP MY ADVENTURE”TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Monica Putri Manurung, Tiur Asi Siburian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media televisi “My Trip My Adventure” terhadap kemampuan menulis teks deskripsisiswa kelas VII SMP Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 444orang dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah 40 orang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling (sampel acak) dengan cara mengambil subjek secara acak dan terpilih kelas VII-K sebagai sampel dalam penelitian ini.Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test desain.Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen.Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test57,08, standar deviasi 12,82. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 88,61dan standar deviasi adalah 12,41. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test.. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-testdinyatakan berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah sebesar 10,51. Selanjutnya dikonsultasikan dengan , pada taraf signifikan 5% = 2,03 , karena  yang diperoleh lebih besar dari yaitu 10,512,03, maka(Hipotesis nihil) ditolak dan hipotesis alternatif () diterima.Berdasarkan anailisis data di atas dapat disimpulkan media televisi “My Trip My Adventure”berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2016/2017

 

Kata kunci: Pengaruh, Media Televisi “My Trip My Adventure”, Menulis,Teks Deskripsi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media televisi “My Trip My Adventure” terhadap kemampuan menulis teks deskripsisiswa kelas VII SMP Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 444orang dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah 40 orang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling (sampel acak) dengan cara mengambil subjek secara acak dan terpilih kelas VII-K sebagai sampel dalam penelitian ini.Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test desain.Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen.Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test57,08, standar deviasi 12,82. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 88,61dan standar deviasi adalah 12,41. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test.. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-testdinyatakan berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah sebesar 10,51. Selanjutnya dikonsultasikan dengan , pada taraf signifikan 5% = 2,03 , karena  yang diperoleh lebih besar dari yaitu 10,512,03, maka(Hipotesis nihil) ditolak dan hipotesis alternatif () diterima.Berdasarkan anailisis data di atas dapat disimpulkan media televisi “My Trip My Adventure”berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2016/2017

 

Kata kunci: Pengaruh, Media Televisi “My Trip My Adventure”, Menulis,Teks Deskripsi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v6i1.7671

Article Metrics

Abstract view : 229 times
PDF - 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Monica Putri Manurung, Tiur Asi Siburian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.