Analisis Kesantunan Bahasa dalam Konteks Pembelajaran Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017

Intan Br. Tarigan, Abdurahman As

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mendeskripsikan realisasi penggunaan  kesantunan bahasa siswa dalam  konteks pembelajaran negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 242 orang siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 34 orang siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan teknik undian. Metode yang digunakan dalam  penelitian  ini adalah metode kualitatif deskriptif. Metode ini digunakan karena sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian yang bersifat mendeskripsikan realisasi penggunaan dan pelanggaran kesantunan bahasa siswa dalam konteks pembelajaran negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data, data yang dimaksud yakni percakapan teks negosiasi yag dilakukan siswa kelas X IPA 1. Dari hasil percakapan 34 siswa  dengan jumlah 17 dialog percakapan yaitu 112 tuturan tersebut terdapat pemenuhan maksim kesantunan sebanyak 66 tuturan dengan terpenuhinya maksim pemufakatan sebanyak 25 tuturan, dan pelanggaran maksim kesantunan sebanyak 46 tuturan dengan pelanggaran yang dominan ditemukan pada maksim kebijaksanaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Analisis Kesantunan Bahasa dalam Konteks Pembelajaran Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 dapat dikatakan santun karena pemenuhan terhadap maksim kesantunan  lebih banyak ditemukan daripada pelanggaran maksim kesantunan.

 

Kata Kunci :Kesantunan Berbahasa, Pragmatik,  Kesantunan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v6i2.7678

Article Metrics

Abstract view : 757 times
PDF - 280 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Intan Br. Tarigan, Abdurahman As

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.