PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS BERBASIS CECR DALAM KONTEKS PLURILINGUALISME BAGI GURU DAN SISWA SMA

Mahriyuni --

Abstract


Perubahan yang dipersyaratkan dalam KTSP menuntut adanya perubahan dalam pembelajaran yang dilakukan guru di kelasnya. Untuk itu dibutuhkan pembelajaran yang tepat yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Pengembangan metodologi pengajaran bahasa Prancis pada aspek budayanya dengan menggunakan CECR terlihat lebih menonjol disamping menguasai pengetahuan berbahasa, yang memungkinkan pembelajar untuk melakukan komunikasi antar budaya (plurilingualisme) sehingga menjadi pendidikan bahasa yang mencakup juga aspek sikap dan kemampuan bersosialisasi dalam situasi komunikasi antar budaya. Aspek ini perlu dikembangkan dalam pengajaran bahasa sehingga dapat mewujudkan pendidikan bahasa yang sesungguhnya.

 

Kata Kunci : Pengajaran Bahasa Prancis, Komunikasi Antar Budaya, CECR.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v0i69TH%20XXXV.2394

Article Metrics

Abstract view : 605 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2008 Mahriyuni --

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594