ANALISIS TEKS IKLAN SUSU FORMULA ANAK

LINA RUSLI, TANTI KURNIA SARI

Abstract


Kebutuhan manusia yang semakin hari semakin bertambah dan beragam memicu produsen untuk menciptakan produk yang bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Iklan sebagai media yang digunakan produsen untuk memasarkan produknya memiliki fungsi sosial, karena iklan selalu dikemas dengan memberi informasi menarik   baik melalui teks visual maupun teks verbalnya karena dengan iklan inilah kesempatan produsen untuk menjaring konsumennya. Salah satu produk yang dewasa ini sangat dibutuhkan dan bervariasi adalah susu formula anak. Iklan susu formula mempunyai genre yang bermacam-macam, misalnya eksposisi, eksplanasi, dan lain sebagainya.

Data penelitian ini adalah data primer berupa teks iklan susu formula yaitu  susu Pediasure dan susu Dancow 1+ yang diperoleh melalui media cetak, yakni Tabloid, Koran dan Majalah.

Dari analisa kedua iklan produk susu formula anak tersebut diketahui bahwa Fungsi sosial dari iklan produk susu formula anak adalah untuk memperkenalkan, memberi informasi dan memasarkan produk dengan tujuan menarik konsumen. Selain itu kedua iklan produk susu formula anak  termasuk jenis genre deskripsi dan genre eksposisi dan dalam menjelaskan fungsi produk menggunakan proses material dan lebih banyak menggunakan kalimat pasif.

Kata kunci : Iklan susu formula, genre, fungsi sosial, fitur bahasa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v0i85%20TH%2039.2420

Article Metrics

Abstract view : 673 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 LINA RUSLI, TANTI KURNIA SARI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594