WARUNG INTERNET: GERBANG DUNIA VIRTUAL REMAJA KOTA MEDAN
Abstract
Perkembangan warung internet telah merambah semua lapisan sosial dan budaya masyarakat, yang menjadikan dunia tanpa batas, sehingga dipersepsikan telah mendorong globalisasi perubahan sosial dan budaya masyarakat. Keberadaan warnet adalah gambaran kehidupan virtual dengan dua realitas paralel. Warnet merupakan bagian dari budaya massa (mass culture), diidentikkan dengan budaya populer (populer culture) dan hiburan massa (mass entertainment).
Keberadaan warnet sebagai produk perkembangan teknologi cyberspace melahirkan dua sisi konsekuensi. Konsekuensi positif-konstruktifnya diantaranya sebagai fasilitas belajar, wahana pengembangan kreativitas remaja, menghilangkan kejenuhan dengan bertualang di dunia virtual second life, dan bisa membangun hubungan sosial baru. Konsekuensi negatif-destruktifnya diantaranya adalah yang digolongkan pada kategori isu subversiv, yaitu; kecanduan, kekerasan (agresifitas), dan kebingungan antara dua dunia. Bagi remaja dikhawatirkan menggangu pelajaran sekolahnya, serta mengurangi perhatian dan kepekaannya terhadap lingkungan sosial.
Kata Kunci: Warung Internet, Dunia Virtual, Remaja
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v25i3.2527
Article Metrics
Abstract view : 368 timesPDF - 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 ZULKIFLI ZULKIFLI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221
Telp: (061) 6623942
Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas