PENERAPAN PERSPECTIVE ACTIONNELLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STRUCTURE BAHASA PRANCIS

Evi Eviyanti

Abstract


Perspective actionnelle merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan pada pengajaran  mata kuliah structure 1 bahasa Prancis di Program Studi  Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Pendidikan Bahasa Asing FBS Universitas Negeri Medan. Perspective actionnelle merupakan salah satu metode yang berbasis tugas yang harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan mahasiswa, dimana kegiatan belajarnya berpusat pada pembelajar baik melalui pelatihan, pembimbingan yang dapat disesuaikan dengan situasi kelas yang sedang berkembang, jadi metode ini tidak terpaku pada satu teknik tetapi dapat dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan pelaku dalam proses belajar mengajar yang dalam hal ini,  pengajar dan pembelajar. Tujuan penerapan perspective actionnelle dalam pengajaran structure 1 untuk meningkatkan hasil belajar structure bahasa Prancis.

Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa semester 1 tahun akademik 2010 /2011 yang mengikuti mata kuliah structure 1. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan. Tindakan dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang langkah-langkahnya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa  penerapan Perspective Actionnelle pada pengajaran mata kuliah structure 1 dapat meningkatkan hasil belajar structure bahasa Prancis.

 

 

Kata kunci : Perspective Actionnelle, Hasil Belajar, Structure

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v0i79%20TH%2037.2628

Article Metrics

Abstract view : 231 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2010 Evi Eviyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594