PLURALISME DAN MEDIA

Hendra Kurnia Pulungan

Abstract


 

Pluralisme saat ini tidak hanya diartikan untuk dipakai dalam konteks agama, budaya dan sosial masyrakat, tetapi juga melebar pada media. Prinsip pluralisme mediamerupakan otonomi penyiar layanan secara  independen dalam memberikan tontonan kepada masyarakat. Tulisan ini selanjutnya ingin mendeskripsikan peranan pluralisme yang dilakukan media dengan konten yang disampaikan media tersebut. Dapat dilihat bahwasanya perkembangan program acara pada stasiun televisi yang berbeda tak selamanya menyampaikan informasi yang berbeda juga. Ternyata konsentrasi pluralisme media hanya terletak pada perkembangan dan pertumbuhan perusahaan media yang demokratis, sehingga informasi yang diberikan oleh media-media yang ada cenderung seragam.Isi media massa tidak dapat terlepas dari siapa penguasa sumber-sumber produksi media massa. Ini dapat  dilihat antara lain dari kepemilikian media massa, kepemilikan rumah produksi penghasil acara-acara televisi yang ada. Dapat dikatakan bahwa penguasa sumber- sumber media televisi adalah pengusaha. Ideologi dari aktivitas  pengusaha adalah menjual  sesuatu untuk  mendapatkan profit/keuntungan. Tanpa keuntungan perusahaan akan ditutup. Jadi  televisi adalah bisnis, pemilik televisi adalah pengusaha media.

 

Kata Kunci: pluralisme dan media televisi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v27i1.5675

Article Metrics

Abstract view : 1126 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Hendra Kurnia Pulungan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594