MENGANALISIS KALIMAT PADA ANAK USIA DINI (2-3 TAHUN / SISWA PLAY GROUP)

Tiarnita M.S. Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kalimat yang dihasilkan anak-anak usia 2-3 tahun siswa play group. Dan mengetahui jumlah kata yang dihasilkan dalam satu kalimat anak usia 2-3 tahun.

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah perkembangan bahasa serta pola kalimat yang dihasilkan oleh anak yang berusia 2-3 tahun dan berapakah banyak  jumlah kata yang dihasilkan dalam satu kalimat untuk anak usia 2-3 tahun. Pendidikan anak di usia dini pada zaman sekarang dirasakan sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan anak selanjutnya. Hal ini berhubungan dengan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Dalam tahapan yang lebih tinggi pendidikan anak di usia dini sangat mempengaruhi kompetensi anak dalam memperoleh ilmu pengetahuan

Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 13 orang anak, yang merupakan siswa play group. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoide deskriptif, yaitu penelitian analisis dokumen (documentary analysis) yang bertujuan untuk menganalisisi kalimat anak usia 2-3 tahun. Setelah penelitian ini dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kalimat anak usia 2-3 tahun di dominasi oleh pola Kalimat Subjek. Jumlah kata yang digunakan oleh anak usia 2-3 tahun didominasi dengan Kalimat Satu Kata.

 

Kata Kunci : Perkembangan bahasa anak, aspek kognitif, afektif,

psikomotorik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v27i1.5684

Article Metrics

Abstract view : 361 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Tiarnita M.S. Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594