PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF SISWA MELALUI STRATEGI REKAYASA TEKS
Abstract
Salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh siswa.adalah keterampilan menulis. Keterampilan ini terkait erat dengan kemampuan siswa menuangkan gagasan, perasaan, pengalaman secara kreatif ke dalam simbol-simbol tertulis. Penuangan kreativitas itu dapat dipacu oleh guru melalui beberapa strategi. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah rekayasa teks. Rekayasa (otak-atik) dalam bahasa Indonesia sepadan dengan kata engineering dalam bahasa Inggris. Dalam tulisan ini disajikan contoh rekayasa teks yang berjudul "Sekar Romania" ke dalam bentuk tadut. Perekayasaan ini mempertimbangkan faktor sosiobudaya (kebahasaan) masyarakat bersangkutan. Proses rekayasa teks dapat dilakukan oleh siswa dalam rangka pelestarian bahasa dan hasil rekayasa teks ini dapat pula dijadikan bahan pembelajaran.
Kata Kunci: kemampuan, menulis, rekayasa teks
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v27i4.5706
Article Metrics
Abstract view : 484 timesPDF - 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 ENNY RAHAYU
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221
Telp: (061) 6623942
Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas