PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF SISWA MELALUI STRATEGI REKAYASA TEKS

ENNY RAHAYU

Abstract


Salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh siswa.adalah keterampilan menulis. Keterampilan ini terkait erat dengan kemampuan siswa menuangkan gagasan, perasaan, pengalaman secara kreatif ke dalam simbol-simbol tertulis. Penuangan kreativitas itu dapat dipacu oleh guru melalui beberapa strategi. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah rekayasa teks. Rekayasa (otak-atik) dalam bahasa Indonesia sepadan dengan kata engineering dalam bahasa Inggris. Dalam tulisan ini disajikan contoh rekayasa teks yang berjudul "Sekar Romania" ke dalam bentuk tadut. Perekayasaan ini mempertimbangkan faktor sosiobudaya (kebahasaan) masyarakat bersangkutan. Proses rekayasa teks dapat dilakukan oleh siswa dalam rangka  pelestarian bahasa dan hasil rekayasa teks ini dapat pula dijadikan  bahan pembelajaran.

 

Kata Kunci: kemampuan, menulis, rekayasa teks


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v27i4.5706

Article Metrics

Abstract view : 484 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 ENNY RAHAYU

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594