KESULITAN BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA X IPS 2 SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Monika Monika, Dr. Afnita, S.Pd., ,M.Pd.

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan (1) kesulitan belajar keterampilan menulis teks anekdot dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang dialami oleh siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Medan tahun pelajaran 2017/2018 dan (2) faktor yang menyebabkan kesulitan belajar keterampilan menulis teks anekdot dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang dialami oleh siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Medan tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kulaitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 dan guru bahasa Indonesia. Objek penelitian ini adalah kesulitan dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar dalam keterampilan menulis teks anekdot.

 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada tujuh kesulitan belajar dalam menulis teks anekdot yang dialami oleh siswa kelas X IPS 2. Kesulitan tersebut yaitu (a) kesulitan dalam menentukan tema yang menarik, (b) kesulitan mengawali dan mengembangkan ide dan  gagasan ke dalam sebuah teks (c) kesulitan mencari inspirasi karena siswa sering merasa “buntu” di tengah jalan, (d) kesulitan dalam menentukan kaidah kebahasaan, (e) kurang memahami mengenai struktur teks anekdot, (f) kesulitan mengunakan bahasa yang santun, dan (g) kesulitan menentukan kata sindiran yang sesuai dan tepat.  (2) ada tiga faktor yang menyebabkan adanya kesulitan belajar. (a) faktor yang bersumber dari lingkungan sekolah, (b) faktor yang bersumber dari lingkungan keluarga, dan (c) faktor dari yang bersumber dari lingkungan masyarakat. Secara umum, siswa memiliki kesulitan belajar dan faktor penyebab kesulitan belajar dalam keterampilan menulis teks anekdot. Dengan adanya kesulitan dan faktor penyebab kesulitan belajar tersebut, guru diharapkan mampu mengatasi kesulitan yang dialami oleh siswa dan mengatasi faktor penyebab kesulitan belajar tersebut.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v7i2.10062

Article Metrics

Abstract view : 2321 times
PDF - 4415 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Monika Monika, Dr. Afnita, S.Pd., ,M.Pd.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.