PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RESENSI CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMA PERSIAPAN STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Eli Yulidar br. Pohan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Kemampuan Menulis Resensi Cerpen  Oleh Siswa Kelas XI SMA Persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah 152 orang dan dan sampel penelitian dilakukan terhadap 80 siswa kelas XI SMA Persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random. Selanjutnya sampel dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu 40 siswa kelompok eksperimen (model pembelajaran Collaborative Learning) dan 40 siswa kelompok kontrol (model pembelajaran konvensional). Hasil penelitian disimpulkan, kemampuan menulis resensi cerpen yang menggunakan model pembelajaran Collaborative Learning  pada siswa kelas XI SMA Persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah baik dengan nilai rata-rata 74,5. Kemampuan menulis resensi cerpen yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMA Persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah cukup dengan nilai rata-rata 66,8. Model pembelajaran Collaborative Learning berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis resensi cerpen. Ini terbukti dari hasil uji t diperoleh nilai thitung > ttabel(0,05), yakni 3,89 > 2,00. Kata kunci: Model pembelajaran, Collaborative Learning, Resensi, Cerpen.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v3i4.1459

Article Metrics

Abstract view : 338 times
PDF - 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Eli Yulidar br. Pohan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.