PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI PARAGRAF NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Devi Maria Tri Putri, Syamsul Arif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiriterhadapkemampuanmengubah teks wawancara menjadi paragraf narasi olehsiswakelasVII SMPNegeri 19 Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Desain penelitianyang digunakan adalahone gruop pretest posttest design yaitumodel eksperimen yang melibatkan perlakuan berbeda terhadap satukelas yang sama. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 19 Medan yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 354 siswa. Berdasarkan jumlah populasi tersebut maka ditetapkan sampel sebanyak 34 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik acak kelas atau random sampling class. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan adalah tes esai. Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh, data pretes memperoleh rata-rata sebesar 65,26 dan standar deviasi sebesar 11,36 sedangkan data postes memperoleh rata-rata sebesar 80,17 dan standar deviasi sebesar 8,61. Berdasarkan uji normalitas data pretes diperoleh Lhitung< Ltabel yaitu 0,14 < 0,15 maka dapat dinyatakan bahwa data pretes berdistribusi normal. Sedangkan uji normalitas yang dilakukan pada data postes diperoleh Lhitung< Ltabel yaitu 0,10 < 0,15 hal ini menunjukkan bahwa data postes berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas variabel penelitian diperoleh nilai Fhitung< Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 yaitu 1,74 < 1,80, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel homogen.Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan maka diperoleh tosebesar 5,98setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan dk = (n-1) = 34-1= 33, dari dk 33 diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% =2,035. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 5,98>2,035,maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil(Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterimayang berarti model inkuiriberpengaruhsignifikanterhadapkemampuan mengubah teks wawancara menjadi paragraf narasi.

 

Kata Kunci: model inkuiri, teks wawancara,paragraf narasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v4i2.2710

Article Metrics

Abstract view : 100 times
PDF - 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Devi Maria Tri Putri, Syamsul Arif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.