PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN POKOK-POKOK BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Elisabet Margaretha Hutabarat, Tiur Asi Siburian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menemukan pokok-pokok berita sebelum dan sesudah menggunakan media audiovisual, serta untuk mengetahui pengaruh positif penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan menemukan pokok-pokok berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2014/2015.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan yang berjumlah 370 siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 41 siswa dengan menggunakan sampel acak kelas (random sampling). Dalam penelitian ini, subjek terdiri dari satu kelompok yaitu kelas eksperimen. Pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen (pre-test) dan sesudah eksperimen (post-test). Dengan desain ini, pengaruh dari eksperimen dapat diketahui karena sudah menggunakan tes awal. Kemampuan menemukan pokok-pokok berita sebelum menggunakan media audiovisual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 adalah cukup dengan nilai rata-rata 69,15. Kemampuan menemukan pokok-pokok berita sesudah menggunakan media audiovisual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 adalah baik dengan nilai rata-rata 84,15. Media audiovisual berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menemukan pokok-pokok berita. Hal ini terbukti dari hasil uji “t” diperoleh t0 lebih besar dari ttabel yaitu 2,02<6,95>2,71.

Kata Kunci : media audiovisual, pokok-pokok berita.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v4i2.2713

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Elisabet Margaretha Hutabarat, Tiur Asi Siburian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.