PENGARUH PENERAPAN TEKNIK MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DETECT, EXPAND, DAN REVIEW) DALAM KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Elisda Betharia Marpaung, Atika Wasilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teknik MURDER MURDER (Mood, Understand, Recall, Detect, Expand, dan  Review) dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 269 siswa Kelas X SMA Negeri 1 Siantar Narumonda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang yang diambil dengan teknik random sampling (acak kelas). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre test = 48,06 standar deviasi  = 8,39. Nilai rata-rata post test = 64,04%, standar deviasi = 9,56. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre test dan post test berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji homogenitas dan uji normalitas dilakukan, maka diketahui  sebesar 6,89  selanjutnya  tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan satu pihak dimana dk= (n-1) maka  = 2,04 sehingga jika dibandingkan dengan  dengan  maka >  (6,87>2,04) maka hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alterrnatif  ( ) diterima.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik MURDER (Mood, Understand, Recall, Detect, Expand, dan  Review) berpengaruh positif  dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen Kelas X SMA Negeri 1 Siantar Narumonda.

Kata kunci: Teknik MURDER, unsur intrinsik cerpen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v6i1.6200

Article Metrics

Abstract view : 299 times
PDF - 281 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Elisda Betharia Marpaung, Atika Wasilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.