PENDEKATAN ALAMIAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SEKOLAH DASAR

Salmah Naelofaria

Abstract


Indonesia merupakan Negara multilingual yang memiliki beragam bahasa daerah. Keragaman bahasa tersebut menjadi latar belakang banyaknya masyarakat Indonesia yang menguasai bahasa daerah sebagai bahasa pertama dan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua diajarkan secara resmi di sekolah-sekolah. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua para pembelajar sering mengalami gangguan dan kesulitan yang menjadi penyebab kesalahan dalam berbahasa.

            Proses untuk menguasai bahasa ke-2, seorang pembelajar bahasa akan senantiasa melakukan kekeliruan (mistake) dan kesalahan (error). Kekeliruan tersebut menyangkut pada kesalahan, sedangkan kesalahan berhubung pada kompetensi dari pemakai bahasa. Kesalahan berbahasa ini kerap terjadi pada siswa khususnya siswa sekolah dasar. Kesalahan-kesalahan tersebut terjadi karena kerumitan sistim B2 itu sendiri seperti kesalahan fonologi, morfologi, leksikal dan sintaksis.

            Maka untuk meminimalkan kesalahan dalam pembelajaran bahasa kedua pada siswa tersebut pendekatan alamiah merupakan pilihan pendekatan yang tepat untuk dipakai oleh guru dalam menerapkan pembelajaran bahasa Indonesia

 

Kata Kunci : pendekatan alamiah , kesalahan berbahasa , bahasa Indonesia

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v6i2.7297

Article Metrics

Abstract view : 735 times
PDF - 818 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Salmah Naelofaria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.