PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SIDIKALANG KAB. DAIRI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Sondang Admaja Samosir

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas perubahan yang signifikan dari penggunaan model peta pikiran (mind map) terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Negeri 1 Sidikalang dengan jumlah 117 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang diambil dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian one group pre-test post-test design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok). Dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen.

 

Kata Kunci: -Peta Pikiran (Mind Map) -Menulis Karangan Deskripsi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v1i2.765

Article Metrics

Abstract view : 329 times
PDF - 302 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Sondang Admaja Samosir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.