ANALISIS MODALITAS DALAM BAHASA NIAS

Syahnan Daulay, Mhd. Anggie Januarsyah Dly

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan cara pengungkapan modalitas, jenis modalitas, dan  makna modalitas dalam bahasa Nias. Data penelitian ini adalah aspek modalitas yang ditemukan dalam penggunaan bahasa Nias. Dengan menerapkan  metode deskriptif-kualitatif data modalitas dikumpulkan melalui instrumen lembar isian, alat perekam, dan alat tulis. Di samping itu, digunakan juga metode simak dan metode cakap (Sudaryanto, 1998; Mahsun, 2005). Sumber data diperoleh dari wacana lisan melalui wawancara dengan informan dan dari wacana tulis yang bersumber dari beberapa dokumen tertulis seperti buku berbahasa Nias. Informan penelitian dipilih berdasarkan kriteria berikut: (1) penutur asli bahasa Nias; (2) fasih menggunakan bahasa Nias dan bahasa Indonesia; (3) informan telah berusia dewasa antara usia 30 tahun hingga 60 tahun.

Data penelitian dianalisis menggunakan teknik komparatif, yakni menganalisis realisasi wujud, jenis, dan distribusi modalitas dalam bahasa Nias dan mengkomparasikannya dengan realisasi wujud, jenis, dan distribusi modalitas dalam bahasa Indonesia sebagai rujukan. Dengan pendekatan ini, diharapkan akan dapat diungkapkan secara objektif data modalitas bahasa Nias. Metode padan translasional (Sudaryanto, 1998: 14; Djajasudarma, 1993: 58) digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis jenis dan makna modalitas.

Hasil penelitian mendeskripsikan makna modalitas intensional yang ditemukan dalam bahasa Nias terdiri atas kadar makna ‘Keinginan’, ‘Kemauan’, ‘Maksud’, ‘Harapan’, ‘Doa (Harapan)’, ‘Ajakan’, ‘Pembiaran’, dan ‘Permintaan’. Makna modalitas deontik yang ditemukan dalam bahasa Nias terdiri atas kadar makna ‘Keizinan’ dan Kadar Makna ‘Perintah’. Makna modalitas dinamik yang ditemukan dalam bahasa Nias terdiri atas kadar makna ‘Kemampuan’, ‘Keizinan’ , dan ‘Keyakinan’, serta makna modalitas epistemik yang ditemukan dalam bahasa Nias terdiri atas kadar makna ‘Kemungkinan’, ‘Keteramalan’, ‘Keharusan’, dan Kadar Makna ‘Kepastian’.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v5i4.9696

Article Metrics

Abstract view : 253 times
PDF - 1582 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Syahnan Daulay, Mhd. Anggie Januarsyah Dly

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.