PENINGKATA HASIL BELAJAR SISWA TUNA DAKSA KELAS VIII DENGAN ALAT PERAGA MODEL PENCERNAAN PADA SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMPLB NEGERI PEMBINA ACEH TAMIANG TP 2015 2016

Millati Millati

Abstract


Artikel ini merupakan hasil dari penelitian tindakan kelas yang berjudul ”Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tuna Daksa Kelas VIII Dengan  Alat Peraga Model Pencernaan  Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMPLB  Negeri Pembina Aceh Tamiang TP 2015/2017” ini mengangkat masalah bagaimanakah kemampuan siswa kelas VIII Tuna Daksa SMPLB Negeri Pembina Aceh Tamiang menyelesaikan pembelajaran pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII tuna daksa SMPLB Negeri Pembina Aceh Tamiang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII tuna daksa SMPLB Negeri Pembina Negeri Aceh Tamiang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 1 siswa. Metode yang digunakan adalah dengan model menggunakan alat peraga pencernaan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan pengolahan data menggunakan statistik sederhana dalam bentuk penghitungan nilai siklus. Acuan yang digunakan sebagai parameter adalah hasil nilai belajar dengan ketuntasan minimal yaitu nilai 65. Hasil penelitian menunjukkan perubahan secara individual.


Full Text:

PDF

References


Agip Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk guru SMP, SMA dan SMK, Bandung: Yrama Widya

Amin dan Ina Yusuf Kesumah. 1991. Problematika Pendidikan Agama Islam Pada Anak Tuna Daksa Penyandang Tuna Daksa.Jakarta Rineke Cipta

Hamzah, B.Hamzah, dkk.2011. Belajar dengan Pendekatan PIALKEM. Jakarta.Bumi Aksara

http://cacatanipa.blogspot.co.id/2015/06/sistem-pencernaan-pada-manusia.html

https://www.google.co.id/search?q=anatomi+sistem+pencernaan+manusia&espv=2&biw=1024&bih=494&source=lnms&tbm=isch&sa=X&sqi=2&ved=0ahUKEwjbk4TYz7XNAhWCj5QKHSx4AFoQ_AUIBigB#tbm=isch&q=gambaran+sistem+pencernaan+manusia

Johnson,http://bpgupg.go.id/wi/bhn-diklat/model model-pembelajaran.doc.

Sujana Nana 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Abdi Guru. 2006. IPA Terpadu. Jakarta : Erlangga

Widarto,W., 1999, http://www.depdiknas.co.id (1999)




DOI: https://doi.org/10.24114/bdh.v1i1.8560

Article Metrics

Abstract view : 812 times
PDF - 860 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @2017 - 2023. Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan

akun pro jepangkkn777https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/https://conference.univpancasila.ac.id/lib/gacor4d/https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://jitel.polban.ac.id/plugins/supercepat/https://conference.univpancasila.ac.id/lib/kambo/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/scatter hitam