KARAKTERISASI BAKTERI ENDOFIT PENGHASIL FITOHORMON IAA (Indole Acetic Acid) DARI KULIT BATANG TUMBUHAN RARU (Cotylelobium melanoxylon)

Suci Ramadhani Tanjung, Uswatun Hasanah, Idramsa Idramsa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bakteri endofit penghasil hormon IAA dan mengetahui karakteristik isolat bakteri yang mampu menghasilkan IAA berdasarkan karakter morfologi, biokimia dan fisiologinya. Bakteri endofit dari kulit batang Tumbuhan raru telah tersedia di Labortorium Mikrobiologi UNIMED. Hasil penelitian menunjukkan dari 24 isolat bakteri endofit terdapat dua isolat yang memiliki kemampuan dalam menghasilkan IAA yaitu ER 15 dan ER 23, kedua isolat bakteri endofit tersebut memiliki karakterisitik morfologi koloni dengan warna koloni; putih,  bentuk; bulat, tepi koloni; rata dan berombak, permukaan koloni; licin, karakteristik morfologi sel adalah gram negatif dan positif. Karakteristik biokimia bakteri antara lain dapat  mereduksi gula dari fermentasi karbohidrat, memfermentasi gula dalam jumlah yang rendah, menghasilkan asam campuran, menghidrolisis protein, menghasilkan enzim gelatinase dan katalase. Tidak dapat menghasilkan enzim urease, sitrase dan tidak dapat menghidrolisis hydrogen sulfida. Berdasarkan karakteristik fisiologinya  isolat bakteri endofit ER 15 dapat tumbuh optimum pada suhu 350 C  dan pada pH 7,2 – 8,9. Isolat  ER 23  tumbuh optimum pada  suhu 300 C – 400 C, dan dapat tumbuh pada pH 5,2 – 10,2.

Kata kunci :  Karakterisasi, bakteri endofit,  hormon IAA


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbio.v1i1.5222

Article Metrics

Abstract view : 898 times
PDF - 1062 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




INDEXING

  

 

 

 

JBIO : Jurnal Biosains (The Journal of Biosciences), Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. ISSN 2443-1230 (print) dan ISSN 2460-6804 (online)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.