PERANCANGAN APLIKASI IDENTIFIKASI BIOMETRIKA TELAPAK TANGAN MENGGUNAKAN METODE FREEMAN CHAIN CODE

Sayuti Rahman, Muzdalifah Ulfayani

Abstract


Kebutuhan terhadap sistem pengenalan diri semakin meningkat terutama untuk sistem keamanan. Sistem pengenalan bertujuan untuk memecahkan identitas seseorang. Terdapat dua tipe sistem pengenalan, yaitu sistem verifikasi dan identifikasi, dimana sistem identifikasi bertujuan untuk memecahkan identitas seseorang. Salah satu teknologi yang mampu mengidentifikasi individu dari karakter biologis individu dikenal dengan nama Biometrika. Biometrika merupakan metode otomatisasi untuk mengenal seseorang berdasarkan karakteristik fisik, salah satunya ialah telapak tangan. Telapak tangan merupakan salah satu organ tubuh manusia yang bersifat unik dan memiliki tekstur yang detail, bahkan berbeda antara telapak tangan kanan dan kiri. Telapak tangan juga tidak dapat berubah serta stabil selama berpuluh-puluh tahun, sehingga dapat digunakan dalam sistem identifikasi. Sistem Identifikasi biometrika pada penelitian ini menggunakan metode Freeman Chain Code. Freeman chain code adalah metode pemisahan ciri dengan cara melakukan penelusuran piksel-piksel obyek dengan panduan 8 arah mata angin. Pemilihan metode freeman chain code didasarkan pada pertimbangan garis-garis tangan bersifat alami. Proses identifikasi telapak tangan ini dilakukan dengan data latih dan data uji. Hasil penelitian ini sebagian besar dapat mengidentifikasi biometrika talapak tangan.

 

Kata Kunci : Aplikasi, Identifikasi, Biometrika, Telapak Tangan, Chain Code

Full Text:

PDF

References


Putra, Darma. 2009, Sistem Verifikasi Biometrika Telapak Tangan Dengan Metode Dimensi Fraktal Dan Lacunarity. Vol.8 No.2, Teknologi Elektro Universitas Udayana.

T. Sutoyo,dkk. 2009. Teori Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Andi.

Masfran. 2012. Segmentasi Tepi Citra CT Scan Paru-paru Menggunakan Metode Chain Code dan Operasi Morfologi. Riau: Politeknik Caltex.

Saksono, Hanung T. 2010. Kanker Paru–Paru Dengan Menggunakan Transformasi Wavelet Dan Metode Linear Discriminant Analysis. Bandung. Institut Teknologi Telkom.

Pamungkas, Tito T. 2014, Pengenalan Plat Nomor Kendaraan Menggunakan Metode Template Matching Dan Jarak Canberra. Semarang: Universitas Diponegoro.

Setyaningsih, Emi. 2015. Kriptografi & Implementasinya Menggunakan MATLAB. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v2i2.6195

Article Metrics

Abstract view : 533 times
PDF - 850 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License