LEARNING VECTOR QUANTIZATION UNTUK KLASIFIKASI PENILAIAN PADA VIRTUAL PATIENT CASE

Kunti Eliyen

Abstract


Dalam pendidikan kedokteran ada berbagai macam ujian yang diterapkan. Salah satunya adalah ujian Objective Stucture Clinical Examinations (OSCE). OSCE adalah alat untuk menilai komponen kompetensi klinik seperti history taking, pemeriksaan fisik, procedural skill, ketrampilan komunikasi, interpretasi hasil laboratorium, manajemen dan lain-lain yang diuji menggunakan checklist yang telah disetujui dan mahasiswa akan mengikuti beberapa station. OSCE merupakan bagian dari penilaian yang bertujuan untuk menilai kompetensi dan ketrampilan klinis mahasiswa secara objektif dan terstruktur yang biasanya dilakukan pada tengah semester atau akhir semester pada mata kuliah tertentu. Pada penelitian ini akan dikembangkan sistem penilaian otomatis untuk ujian OSCE berdasarkan kasus pasien virtual yang dapat digunakan untuk menilai keterampilan mahasiswa dalam memeriksa dan memperlakukan pasien virtual. Pada penelitian ini sistem penilaian dilakukan dengan melakukan klasifikasi nilai untuk setiap jenis kategori pemeriksaan. Algoritma yang akan diimplementasikan untuk klasifikasi adalah Learning Vector Quantization (LVQ). Uji coba yang telah dilakukan menggunakan LVQ didapat akurasi sebesar 98,8% dengan menggunakan data latih sebesar 135, data uji sebesar 105 data dan nilai α = 0,1.


Full Text:

PDF

References


Iing, "Ujian OSCE Reguler Berorientasi Ergonomi Meningkatkan Kinerja Penguji Di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram," Magister Ergonomi-Fisiologi Kerja, universitas Udayana, 2015.

Kusrini dan T.L. Emha, Algoritma Data Mining, Yogyakarta: Andi, 2009.

M. T. Pilevar, H. Feili dan M. Soltani, "Classification of Persian Textual Documents Using Learning Vector Quantization," IEEE, 2009.

N. Zary, G. Johnson, J. Boberg dan U. Fors, "Development Implementation and Pilot Evaluation of a Web-based Virtual Patient Case Simulation Environment-Web SP," BioMed Cantral, 2006.

T. Sutojo, E. Mulyanto dan V. Suhartono, Kecerdasan Buatan, Yogyakarta: Andi, 2010.

Hariri, U. Utami dan A. Amborowati, "Learning Vector Quantization untuk Klasifikasi Abstrak Tesis," Citec Journal, Vol. 2, No. 2, pp. 128-143, Februari 2015-April 2015.

E. I. Sela dan S. Hartati, "Pengenalan Jenis Penyakit THT Menggunakan Jaringan Learning Vector Quantization," Universitas Gajah Mada, 2015.

Wuryandari dan I. Afrianto, "Perbandingan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation dan Learning Vector Quantization pada Pengenalan Wajah," Jurnal Komputer dan Informatika, Edisi 1, Vol.1, pp. 45-51, Maret 2012.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v2i2.6476

Article Metrics

Abstract view : 402 times
PDF - 516 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License