PENERAPAN WORK-BASED LEARNING TERHADAP PRAKTIK PEMASANGAN KERAMIK MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

Nono Sebayang, Syafiatun Siregar, Enny K Sinaga

Abstract


Praktik kerja batu dan beton adalah salah satu matakuliah yang ada pada semester ketiga di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Unimed. Hasil evaluasi semester, secara praktik kemampuan mahasiswa masih rendah pada mata kuliah praktik kerja batu beton. Sementara kompetensi/ pengetahuan  praktik kerja batu dan beton sangat membantu mahasiswa ketika mereka terjun di pada umumnya Praktik Kerja Lapangan Industri (PKLI) yang dilakukan pada semester 5 dan pada khususnya ketika mereka memasuki dunia kerja. Untuk mencapai hasil yang maksimal, maka perlu dilakukan pembelajaran yang lebih komprehensif yaitu dengan pembelajaran berbasis kerja (Work-based Learning/WBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kompetensi mahasiswa dalam pemasangan keramik dengan work-based learning. Metode penelitian dilakukan dengan pengamatan langgsung yang dilakukan oleh peneliti dan oleh dosen pengampu mata kuliah terhadap tingkat keaktifan mahasiswa.  Hasil penelitian berdampak terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa dalam pemasangan keramik dengan work-based learning. Peningkatan juga terlihat dari hasil belajar mahasiswa yang dilakukan dengan pre-test dan post-test

 

Kata Kunci : concrete work, work-based learning, learning outcomes

 

ABSTRACT
The practice of stone and concrete work is one of the existing courses in the third-semester  Program Building Engineering, Faculty of Engineering in Unimed. The result of semester evaluation, the practical ability of student still low in concrete stone work practice class. While the competence/knowledge of stone and concrete work practices is very helpful for students when they plunge in general Praktik Kerja Lapangan Industri (PKLI) conducted in semester 5 and in particular when they enter the world of work. To achieve maximum results, it is necessary to do a more comprehensive learning with work-based learning (WBL). The purpose of this research is to measure students' competence in the installation of ceramics with work-based learning. The research method is done by direct observation conducted by the researcher and by the lecturer of the lecturer on the student activity level. The results of the research have an impact on the improvement of students' competence in the installation of ceramics with work-based learning. The improvement was also seen from the result of student learning done with pre-test and post-test.

 

Keywords:  concrete work,  Work-based Learning, learning outcomes


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/eb.v3i2.8259

Article Metrics

Abstract view : 467 times
PDF - 1097 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil

Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia

Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319

E-mail : ptbunimed@gmail.com

 

 
 
 
 
 
 
 
 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.