MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR MEDIA MASSA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI NO. 101896 KIRI HULU

PITI SINGARIMBUN, NENNY SAPRIANI

Abstract


ABSTRAK

Motivasi belajar merupakan hal yang sangat penting untuk dapat mengikuti proses pembelajaran yang baik seta dapat memperoleh tujuan belajar yangtelah ditentukan. Namun kenyataannya disekolah khususnya siswa kelas VI SDN No.101896 Kiri Hulu masih  terdapat banyak siswa yang tidak memilki motivasi khusus pada mata pelajaran IPS. Sumber belajar yang digunakan peneliti adalah sumber belajar yang berasal dari media massa Koran. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN No.101896 Kiri Hulu yang berjumlah 44 orang. Pengumpulan data yang peneliti lakukan yaitu dengan teknik observasi, penggunaan lembar catatan lapangan dan wawancara dengan siswa kelas VI. Analisa data dilakukan dengan carateknik analisis persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran akan lebih meningkatkan motivasibelajar siswa jika kita menggunakan media massa Koran sebagaoi sumber belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I yang keberhasilannya hanya sebesar 27,7% yang memiliki motivasi belajar yang baik, 27,7% siswa yang memiliki motivasi belajar yang cukup, dan 45,45 % siswa yang motivasi belajarnya kurang. Dengan demikian, setelah diadakan tindakan pada saat proses pembelajaran dapat disimpulkan pada hasil tindakan  pada siklus II yaitu sebesar 31,81% siswa yang memiliki motivasi belajar yang cukup, 63,63 % siswa yang memiliki motivasi belajar yang baik, serta 4,54% siswa yang memiliki motivasi belajar yang cukup,dan tidak ditemukan lagi siswa yang kurang memilki motivasi belajar. Ternyata siswa termotivasi dengan menggunakana sumber belajar media massa Koran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan sumber belajar media massa Koran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kata kunci : Motivasi Belajar, IPS, Media massa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v1i1.1320

Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.