PENGARUH SOFTWARE MIND MAPPING INTERACTIVE TERHADAP MOTIVASI PEMBELAJARAN IPA SD

Idam Ragil Widianto Atmojo

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh Software Mind Mapping Interactive terhadap motivasi pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi siswa kelas V SD se-Gugus 1 Laweyan, Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sumber data difokuskan pada motivasi pembelajaran melalui pre test dan post test yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji keseimbangan, uji normalitas, uji homogenitas. Teknik analisis data sebagai uji hipotesis menggunakan uji t. Kesimpulannya bahwa ada pengaruh yang positif dari penggunaan Software Mind Mapping Interactive terhadap motivasi pembelajaran IPA. Rata-rata skor motivasi kelompok eksperimen adalah 153,24 dan kelompok kontrol 146.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i1.2165

Article Metrics

Abstract view : 329 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.