PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI PAKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SISWA KELAS IV MIN MEDAN

Halim simatupang

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning melalui pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) di Kelas IV  MIN Medan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk data aktivitas siswa dan untuk data hasil belajar menggunakan tes. Data kualitatif dianalisis dengan teknik analisis kualitatif, Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning melalui PAKEM dapat meningkatkan aktivitas siswa Siklus I: Aktif 55%, Kreatif 54%,  Efektif 53%  dan Menyenangkan 73% dan meningkat signifikan di siklus II menjadi Aktif 88%, Kreatif 85%,  Efektif 85%  dan Menyenangkan 88%. Dan hasil belajar pada siklus I 63%  dan Meningkat signifikan pada Siklus II 91%.

Kata Kunci:Hasil belajar,Discovery learning, PAKEM



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i1.2193

Article Metrics

Abstract view : 365 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.