MENINGKATKAN KEMAMPUAN BINA DIRI MENGENAL RAMBU LALU LINTAS BAGI ANAK TUNAGRHITA SEDANG MELALUI METODE DRIIL DI KELAS VI SDLB-C YPAC MEDAN

Syahril Syahril

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa dengan menggunakan metode drill dan media yang bervariasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal lambang lalu lintas. Subjek penelitian adalah 11 orang siswa  di kelas VI SDLB-C YPAC Medan. Pada waktu observasi hanya 2 orang siswa yang sudah mampu mengenal lambang lalu lintas. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa test dan observasi. Hasil observasi menunjukkan pada siklus I guru (peneliti) sudah dapat menerapkan metode driil dalam pembelajaran bina diri dengan baik (sebanyak 45%) dan pada siklus II guru (peneliti) dapat menerapkan metode driil dalam pembelajaran bina diri dengan sangat baik (72%). Pada siklus I aktivitas siswa dikategorikan cukup, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa meningkat dan dikategorikan baik.

Kata Kunci : Bina Diri, Metode Driil, Rambu Lalu Lintas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v5i1.4142

Article Metrics

Abstract view : 312 times
PDF - 396 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.