IMPLEMENTASI PENDEKATANCONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARANFISIKA SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa antara lain: hasil belajar psikomotorik, afektif dankognitif pada mata pelajaran fisikadenganmenerapkan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) di kelasXI MIA-1 SMAN 1 Percut Sei Tuan.
Subjek penelitian ini diambil di kelasXI MIA-1 SMAN 1 Percut Sei Tuandengan jumlah siswa 33 orang. Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 29,0,hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata siswa jarang membaca buku sebelum pembelajaran disekolah.
Setelah penelitian berlangsung selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa; 1) Adanya peningkataN psikomotorik siswa dari siklus I ke II setelah menerapkan pendektan CTL yaitu psikomotorik menggunakan alat meningkat dari 34% menjadi 76%, mendesain rangkaian meningkat dari 38% menjadi 75%, membaca hasil pengukuran meningkat dari 35% menjadi 81% dan menjelaskan konsep meningkat dari 37% menjadi 81%.; 2) ) Hasil belajar afektif siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I dan II antara lain kejujuran32% menjadi 73%, disiplin36% menjadi 65%, tanggung jawab33% menjadi 73%, ketelitian40% menjadi 66%, dan kerjasama30% menjadi 70% ; 3) Hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran fisika di kelas XI MIA-1 SMA Negeri Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2014/2015, pada Postes I diketahui rata-rata 63dengan ketuntasan klasikal 30%, dan Postes II hasil meningkat dengan nilai rata-rata 85 dengan ketuntasan klasikal 87,8%.
Kata Kunci : Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL), Hasil belajar Siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i2.5995
Article Metrics
Abstract view : 150 timesPDF - 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.