UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS STRATEGI PICTURE AND PICTURE PADA KELAS II B SDN 105292 BANDAR KLIPPA KEC. PERCUT SEI TUAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas IIa Semester Genap SDN 105292 Percut Sei Tuan dalam mendeskripsikan lingkungan rumah melalui penerapan strategi pembelajaran Picture and Picture; 2) Bagaimana respon siswa kelas IIa Semester Genap SDN 105292 Percut Sei Tuan dalam pembelajaran IPS melalui penerapan strategi pembelajaran Picture and Picture. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif yang dilakukan dengan 2 siklus. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas Ia SDN 105292 Percut Sei Tuan. Sedangkan obyeknya adalah strategi Picture and Picture. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa pada materi ini nilai rata-rata hanya 66,00 sedangkan pada siklus 2 dengan menerapkan strategi pembelajaran Picture and Picture meningkat menjadi 83.00. Respon siswa juga meningkat, data hasil observasi terhadap aktivitas siswa dari 52.08% pada siklus 1, meningkat pada siklus 2 menjadi 89,58% pada siklus kedua.
Kata Kunci: Mendeskripsikan, Strategi Pembelajaran, Picture and
Picture
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i2.7273
Article Metrics
Abstract view : 291 timesPDF - 237 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.