MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA ALQUR’AN DENGAN TARTIL DI KELAS 5-B SDN 050661 KW. BINGAI ME LALUI TEKNIK “BBM”

Khadijah Khadijah

Abstract


Dari hasil penilaian yang dilaksanakan oleh guru pada saat kelas 5-B diketahui bahwa siswa memperleh nilai dibawah KKM lebih dari 50%. Untuk mengatasi masalah ini dicoba mencari solusi untuk meningkatkan hasil belajar materi tajwid dengan menggunakan teknik “BBM” yaitu teknik pembelajaran yang menggunakan tiga tahapan proses yaitu Bermain, Berdiskusi dan Melantunkan. Proses pelaksanakan penelitian dilakukan selama dua siklus. Siklus 1 dan 2, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pertemuan 1 melakukan tahap ”Bermain” dan ”Berdiskusi”, sedangkan pertemuan 2 melakukan tahap ”Melantunkan”. Teknik “BBM” terbukti dapat meningkat kan hasil belajar siswa penguasaan konsep 87,5% dan penerapan 87,5%. 100% siswa menyatakan bahwa teknik “BBM” menyenangkan dan mampu membuat suasana kelas menjadi hidup dan menyenangkan sehingga siswa menjadi  termotivasi Teknik ”BBM” juga membawa manfaat positif terhadap kemampuan siswa mengungkapkan hasil pembelajaran melalui kata- kata dan berfikir kritis.

Kata Kunci : Cooperative Learning, Diskusi, Tajwid


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i3.8173

Article Metrics

Abstract view : 312 times
PDF - 450 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.