Cover Image

Demografi Politik Sumatera Utara: Analisis Pilihan Politik Masyarakat Berdasarkan Persebaran Penduduk, Agama dan Etnis Dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 di Kota Medan

Budi Ali Mukmin, Muhammad Ridha Syafii Damanik

Abstract


Studi demografi memberikan kemudahan bagi kajian ilmu politik dalam hal pemetaan potensi diluar dari variabel non-demografi. Jika studi demografi memberikan data kuantitatif yang berkaitan tentang jumlah populasi penduduk, golongan usia, data gender, tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan ekonomi, maka kajian ilmu politik dapat menjadikan data tersebut untuk penentuan basis para pemilih yang dilihat dari jumlah penduduk, mampu mengetahui isu apa yang tepat untuk kampanye yang dilihat dari usia penduduk, kajian ilmu politik mampu mengemas isu kampanye yang tepat jika dapat dilihat dari tingkat pendidikan dan pendapatan ekonomi. Demografi politik di Sumatera Utara pada pilkada Sumatera Utara tahun 2018 menyuguhkan data yang menarik untuk dianalisis. Kota Medan yang dijadikan sebagai lokus kajian memberikan sinyalemen bahwa pola persebaran penduduk yang berdomisili pada masing-masing Kecamatan di Kota Medan tidak bisa dianggap sebagai pola domisili biasa. Jika ditelisik lebih jauh pola pemukiman penduduk di Kota Medan ternyata telah membentuk pola pemukiman yang dihuni berdasarkan kesamaan agama, kesamaan etnis, dan kesamaan asal daerah pada masing-masing Kecamatan. Hal ini tampaknya berimplikasi terhadap pilihan-pilihan politik yang diambil oleh penduduk di Kota Medan dalam pilkada gubernur Sumatera Utara dimana isu agama, isu etnisitas dan isu-isu ke-daerahan ‘putra daerah’ menjadi vote getter untuk meraih tampuk kekuasaan.

 

Kata kunci: Demografi Politik, Vote Getter, Pemilihan Kepala Daerah


Full Text:

PDF

References


BPS Kota Medan. (2017). Medan dalam Angka 2017.

Cohen, A. (1996). Ethnicity and politics. Ethnicity, 83-84.

Detik.com. (2013). Angka Golput di Medan dalam Pilgub SUMUT Mencapai 63, 38%. 12 Maret 2013

Hadiz, V. R. (2005). Dinamika kekuasaan: ekonomi politik Indonesia pasca-Soeharto. LP3ES.

KPU Republik Indonesia. (2018). Rekapitulasi Pemilihan Gubernur Sumatera Utara. Didownload dari https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/hasil/cepat/t1/sumatera_utara/kota_medan

Keyfitz, N. (2000). Demography. Dalam Ensiklopedia Ilmu-Ilmu Sosial. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Lupiyanto, Ribut. (2014). “Demografi Politik Pemilu 2014” dalam Kompas. Edisi 30/1/2014

Mukmin, B. A. (2010). Politik Etnis Tionghoa di Kota Medan. Tesis. Program Studi Ilmu Politik Pasca Sarjana. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Sarumpaet, B. A. M., & Nababan, R. (2014). Afiliasi Politik Etnis Tionghoa di Kota Medan Dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2013. Jurnal Kewarganegaraan, 22(01), 85-103.

Nuryanti, S. (2007). Kinerja DPRD Medan dan Simalungun. Partai dan Parlemen Lokal Era Transisi Demokrasi di Indonesia. LIPI, Jakarta.

Pelly, U. (2007). Orang Melayu di Kota Medan. dalam Koentjaraningrat, Masyarakat Melayu dan Budaya Melayu dalam Perubahan. Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu dan Adicita. Karya Nusa, Yogyakarta.

Rasmussen, Bryan, A.S. (2013). Agama dan Politik Amerika. dalam Ilmu Politik Dalam Paradigma. Abad Ke-21 Jilid II. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta.

Tirtosudarmo, R. (2007). Mencari Indonesia Demografi Politik Pasca-Seoharto. LIPI. Jakarta.

Permana, Y. S. (2013). Sekilas tentang Politik Demografi. didownload melalui http://www.politik.lipi.go.id/kolom/kolom-2/politik-nasional/798-sekilas-tentang-politik-demografi.




DOI: https://doi.org/10.24114/jg.v10i2.10532

Article Metrics

Abstract view : 1347 times
PDF - 1312 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019

Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.