MEKANISME DAN RANCANGAN KONVERGENSI MEDIA PADA MATA KULIAH GEOLOGI DASAR JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FIS UNIMED

Nahor M Simanungkalit, Walbiden Lumbantoruan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan proses pembelajaran geologi dasarmelalui pemanfaatan konvergensi multi media, (2) Meningkatkan ketuntasan pembelajaranmahasiswa pada mata kuliah geologi dasar dengan penggunaan konvergensi multi mediamelalui .Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliahgeologi dasar pada semester ganjil tahun akademik 2013/2014. Dalam penelitian inipembelajaran geologi yang kompleks dapat dijelaskan menggunakan multi media(penggabungan berbagai tipe media- teks, foto, grafik, suara, video, dan animasi) untukmenjelaskan konsep-konsep ilmiah dan fenomena geologi. Bagaimana mekanismekonvergensi media pembelajaran diterapkan untuk meningkatkan aktifitas/proses danketuntasan pembelajaran bagi mahasiswa. Data aktifitas pembelajaran diperoleh melaluiobservasi, dan data hasil belajar diperoleh melalui pretest dan posttest.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mekanisme konvergensi multi media (1)Objek langsung di lapangan berupa batuan beku, batuan sedimen, tanah, lapisan batuan danlapisan tanah, (2) Animasi computer : lapisan bumi, lapisan batuan, pergerakan lapisankerak bumi, (3) Lembar gambar dan maket pergerakan lapisan kerak bumi, dapatmeningkatkan aktifitas pembelajaran dengan partisipasi lebih dari 70 % pada siklus II,dibandingkan dengan konvergensi multi media pada siklus I : (1) lembar gambar, dan (2)animasi computer, menunjukkan aktifitas pembelajaran kurang aktif dengan persentasepartisipasi kurang dari 70 %. Ketuntasan pembelajaran klasikal dengan nilai KKM 70 padasiklus II 91,66 % sedangkan siklus I 87,5 %.

Kata Kunci : Mekanisme konvergensi media, rancangan konvergensi media


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jg.v8i1.5331

Article Metrics

Abstract view : 559 times
PDF - 267 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019

Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.