STUDI KUALITAS AIR MINUM PDAM DI KOTA DURI RIAU

Henny Gusril

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi tentang kualitas air di kota Duri yang meliputi syarat fisika (PH, Bau, Rasa, Warna, Kekeruhan, Suhu dan Jumlah zat padat terlarut berdasarkan standar) kualitas air bersih dan air minum, menurut PERMENKES No. 416/Menkes/Per/IX/1990.dan PERMENKES N0. 492/Menkes/per/IV/2010 tanggal 19 april 2010.Jenis penelitian ini tergolong penelitian Eksperimen Laboratorium, untuk mendapatkan data primer dan data sekunder. Data primer ini didapat dari hasil analisis laboratorium melalui sampel yang diambil secara komposit (Composite Sample ) Sedangkan data sekunder di dapat dari data pendukung yang digunakan sebagai acuan, intelpretasi dari analisis yang diperoleh diperpustakaan dan instansi yang terkait.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sifat fisika air yaitu: Bau, Rasa, Warna, Kekeruhan, dan Jumlah zat padat terlarut, sudah berdasarkan standar kualitas air minum menurut PERMENKES No. 492/Menkes/per /IV/2010. Sedangkan pH awal dan suhu air tidak memenuhi standar kualiatas air minum menurut PERMENKES No. 492/Menkes/per/IV/2010. Apabila sifat air yang asam dikonsumsi secara terus-mnerus akan mengakibatkan sakit perut dan gangguan pencernaan. Serta pH awal air yang kurang dari 7, yaitu bersifat asam sehingga dapat melarutkan Fe. Untuk suhu air dapat disimpulkan sebaiknya 10-250C (sejuk), agar tidak terjadi pelarutan zat kimia yang ada pada saluran atau pipa yang dapat membahayakan kesehatan.

Kata Kunci: air minum, kualitas, PDAM


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jg.v8i2.5783

Article Metrics

Abstract view : 6823 times
PDF - 15328 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019

Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.