KOMUNIKASI SOSIAL MAHASISWA DALAM PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR (Kasus Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah ada
hubungan antara komunikasi sosial mahasiswa dalam pencapaian
indeks prestasi belajar pada Jurusan Pendidikan Geografi Fakutas
Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, dan gambaran hubungan
komunikasi sosial yang terjalin, baik antarmahasiswa maupun
antara mahasiswa dengan dosen.
Penelitian ini menggunakan metode deskripstif, dengan
populasi adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi yang
aktif pada Tahun Pengajaran 2004 s/d 2006 yang berjumlah 345
orang. Sampel sebanyak 172 orang yang diambil secara acak
berstrata (Stratified Random Sampling). Pengumpul data primer
dengan menggunakan angket sebagai alat, kemudian data
dianalisis dengan analisis regresi linier ganda yang dikerjakan
dengan program SPSS versi 13 dikomputer.
Hasil penelitian menunjukkan, ada terdapat hubungan yang
kurang siqnifikan antara komunikasi sosial mahasiswa dalam
pencapaian prestasi belajar yang ditunjukkan oleh persamaan
regresi untuk TP 2004 – 2006 yaitu:
Y 2,27+0,056X1+0,008X2+0,022X3+0,007X4+0,004X5-
0,004X6+0,003X7+0,017X8-0,019X9+0,013X10
dimana diperoleh Fhitung > Ftabel atau 3,642>1,87 sehingga
korelasi pada prestasi belajar (Y) dapat dijelaskan oleh indikator
kepemimpinan, sosialibilitas, kestabilan emosi, objektifitas,
persahabatan, perenungan, hubungan pribadi, pengenalan diri,
kejantanan dan aktifitas umum. Dengan harga R=0,429 pada taraf
nyata α=0,05 dan korelasi determinasi antara komunikasi sosial
mahasiswa (X) dalam prestasi belajar (Y) yaitu sebesar 18%.
Gambaran komunikasi sosial yang terjalin, baik antarmahasiswa
maupun antara mahasiswa dengan dosen, walaupun sebahagian
besar termasuk ke dalam kategori sedang.
Kata Kunci: Komunikasi Sosial Mahasiswa dan Prestasi Hasil
Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jg.v2i2.6375
Article Metrics
Abstract view : 236 timesPDF - 334 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019
Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.