Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata Di SMA Negeri 1 Medan

Fadila Azmi, Elfayetti Elfayetti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bentuk program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Medan Kecamatan Medan Polonia. (2) Sikap peduli lingkungan siswa melalui program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Medan Kecamatan Medan Polonia.

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Medan Kecamatan Medan Polonia tahun 2017. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa/i SMA Negeri 1 Medan Kecamatan Medan Polonia yang berjumlah 1.712 siswa. Pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga didapatkan sampel sebanyak 95 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak (propotional random sampling).Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik komunikasi langsung, teknik studi dokumenter dan teknik komunikasi tidak langsung yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Bentuk program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Medan Kecamatan Medan Polonia meliputi: (a) kebijakan sekolah berbasis lingkungan dilihat dari visi dan misi sekolah, program pengembangan diri yang terdiri dari kegiatan rutin sekolah, kegiatan spontan, keteladanandan dan pengkondisian. (b) Kurikulum sekolah berbasis lingkungan meliputi pengintegrasian dalam mata pelajaran. (c) Kebijakan sekolah berbasis partisipatif dilihat dari kegiatan ekstrakulikuler yaitukegiatan UKS dan KIR. (d) Pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah. (2) Sikap peduli lingkungan siswa melalui program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Medan Kecamatan Medan Polonia cukup tinggi, sebagian besar siswa (77,90%) tergolong dalam kategori baik dengan rentang nilai 48 - 57 yang terdapat di kelas X, XI dan XII, kategori cukup (16,80%) dengan rentang nilai 34 – 47 yang terdapat di kelas X dan XII dan sebagian kecil siswa (5,30%) tergolong dalam kategori kurang dengan rentang nilai <33 terdapat  yang terdapat di kelas X. Artinya lebih banyak yang peduli lingkungan di SMA Negeri 1 Medan

Kata Kunci : Adiwiyata, Sikap Peduli Lingkungan


Full Text:

PDF

References


Al-anwari, Amirul Mukminin. 2014. Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Jurnal. Jambi: IAIN Sulthan Thahah Saifuddin Jambi

Anonim. 2009. UU RI No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jurnal. Jakarta : Citra Umbara

Artamadya, Fatmadhona. 2015. Analisis Implementasi Sikap Peduli Lingkungan dalam Meningkatkan Kualitas Lingkungan Sekolah pada SMA Negeri 1 Sunggal Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan

Damanik, M. R. S., & Nurman, A. (2016). PEMANFAATAN BLOG PADA MATA KULIAH SISTEM INFORMASI GEOGRAFI JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. JURNAL GEOGRAFI, 8(1).

Gunawan, Zaini. 2016. Pengembangan Program Adiwiyata dalam Mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jurnal. Probolinggo

Isa, Muhammad. 2016 “Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)”, (Online), (https://www.Academia.Edu/4770030/Organisasi Siswa Intra Sekolah), diakses 12 Februari 2017 pukul 22.24 WIB

Julismin, J. (2017). ALAM, SUMBER BELAJAR YANG TIDAK PERNAH HABIS. JURNAL GEOGRAFI, 1(1), 77-83.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta

Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. E-Book. Diakses dari http://www.menlh.go.id/informasi-mengenai-adiwiyata/ pada tanggal 2 Februari 2017, jam 20.15 WIB

Menteri Lingkungan Hidup. Permendiknas Lingkungan Hidup No. 07 Tahun 2011 tentang Program Adipura

Pati. 2014. Fasilitas Pembelajaran. (Online: http://sisipandanglain.co.id/2014/11fasilitas-pembelajaran-dalam.html/diakses 22 Desember 2016 pukul 06.56 WIB)

Puri, Engli Ratna. 2016. Analisis Implementasi Kepedulian Lingkungan Melalui kegiatan OSIM Menuju Sekolah Adiwiyata Di MAN Lima Puluh T.A 2015/2016. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan

Rika, Kartika. 2011. Kontribusi Hasil Pembelajaran geografi terhadap Perilaku Siswa Peduli Lingkungan (Studi Deskriptif Kelas XII IPS di SMA negeri 2 Kota Sukabumi. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.24114/jg.v9i2.6901

Article Metrics

Abstract view : 6136 times
PDF - 5227 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019

Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

POSKOBET

scatter hitam

https://22-crown.com/

https://ftp.juniorpage.com.sg/

slot gacor hari ini slot kamboja langkah 4d

POSKOBET POSKOBET POSTOTO787 POSTOTO787 EMAS787 EMAS787 SUNDA787 SUNDA787 https://www.thedecliningwinter.com ASIABET777 ASIABET777 https://mega888slots.com https://www.thecarecommunity.com https://mega888slots.com

gdtoto

langkah 4d tokeslot88 tokeslot88 tokeslot88 langkah4d langkah4d langkah4d

diamond murah vouchergame.net slot gacor 4d Agen Slot online tokeslot88

toke88

mideatoto

tokeslot88

langkah4d

langkah4d

langkah4d

situs slot gacor

situs slot gacor

situs slot gacor

slot gacor

gdtoto

mejawd

slot demo

gdtoto

POSTOTO787

https://aksibintang.com/

https://hargaikan.com/ https://diasporaukconsultancy.co.uk/

https://disdiktanjabbar.org/

POSTOTO787

asli toto

gdtoto

https://eastmorelandhospital.net/

https://www.triangolofamilyclinic.net/

slot gacor slot