TARI PODANG DI DESA NAGUR KECAMATAN TANJUNG BERINGIN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI KAJIAN: ETIKA DAN ESTETIKA

NIKITA TA NURA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penyajian tari podang dan mengetahui Etika dan Estetika pada tari Podang di desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai..

 

Dalam menganalisis data-data yang terkumpul, digunakan teori Etika dan Estetika serta pengertian bentuk dan penyajian.

 

Lokasi  penelitian  berada  di  desa  Nagur  Kecamatan  Tanjung  Beringin  Kabupaten Serdang Bedagai. Waktu penelitian dimulai pada bulan Juli – Agustus tahun 2014. Sampel penelitian ini adalah Seniman Tradisi yang berada di Kabupaten Serdang Bedagai. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, study pustaka, dokumentasi,  berupa  video  dan  foto.  Teknik  analisis  data  menggunakan  analisis deskriftif dan kualitatif.

 

Hasil penelitian ini adalah Etika tari Podang berdasarkan teori Deontologi, bahwa tari Podang menggambarkan nilai moral yang mencerminkan rasa hormat kepada orang lain, kemauan menggambarkan sikap yang tumbuh dari dalam hati, sedangkan konsekuensi menggambarkan hasil dari pada nilai moral dan kemauan yang sudah dicapai.  sedangkan  tari  Podang  berdasarkan  Teleologi  yaitu  tujuan  yang menggambarkan tingkatan level yang dapat membedakan antara yang tua dan yang muda. Serta tujan yang diharapkan berupa sifat kerendahan hati seseorang dalam menghormati orang lain. Estetika tari Podang secara Intrinsik yaitu menggambarkan keikhlasan para penari dalam menyambut para tamu. Sedangkan secara Ekstrinsik menggambarkan kesigapan seorang laki-laki dalam menyambut para tamu yang hadir dalam suatu acara.

 

 

 

Kata Kunci : Tari Podang, Etika dan Estetika.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/senitari.v3i1.1439

Article Metrics

Abstract view : 1130 times
PDF - 1474 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 NIKITA TA NURA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.