KARAKTERISTIK TARI MELAYU PADA MASYARAKAT MELAYU DI KOTA MEDAN

RIZA TARI UTARI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik tari Melayu di Kota Medan dengan melihat gerak, busana, musik serta nilai etika dan estetikanya.

Teori-teori yang digunakan sesuai topik penelitian seperti, teori karakteristik, teori bentuk, teori gerak, teori etika dan estetika.

Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan analilis deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi pustaka, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Lokasi penelitian adalah sanggar tari Sri Indera Ratu, Medan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, karakteristik tari Melayu yang ada di Istana atau Kota Medan gerakan lebih halus dan tertutup, kemudian ketika menari torso badan tegak, tekukan kaki yang lebih sedikit, dan ketika melenggang dalam tari 9 rangkaian ciptaan almarhum Sauti dilakukan lenggang dengan satu tangan. Secara umum busana yang digunakan selalu jenis baju kurung, kain utuh (tidak kain kebaya), rias pada rambut selalu disasak tinggi kebelakang, dan menggunakan aksesoris dikepala. Musik dalam tari Melayu di Istana tidak memiliki ciri yang berbeda dengan musik Melayu yang ada dikalangan rakyat, begitu juga dengan alat musik yang digunakan, tidak ada yang berbeda dari alat musik Melayu yang digunakan pada umumnya. Etika dalam tari Melayu yang mengikat berdasarkan agama Islam, menjadikan nilai estetika tari itu menjadi lebih indah.

.Kata Kunci: Karakteristik Tari Melayu di Kota Medan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/senitari.v2i2.1441

Article Metrics

Abstract view : 5291 times
PDF - 3963 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 RIZA TARI UTARI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.