ANALISIS POSTER DI HOTEL MADANI MEDAN DITINJAU DARI ASPEK DESAIN GRAFIS KOMPUTER

Leily Fajariah Sinaga dan Fuad Erdansyah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang aspek-aspek desain yang diterapkan yang ada pada poster di hotel Madani Medan dengan pertimbangan nilai tingkat kemudahan dalam membaca.

Populasi yang di ambil dalam penelitian ini adalah poster di Hotel Madani Medan. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 11 poster di hotel Madani Medan. Sampel yang diambil dengan tehnik purposive sample yaitu sampel yang disesuaikan dengan kriteria poster yang dianggap penting dalam kehidupan masyarakat.

Metode penelitian yang digunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan menguraikan masing-masing subjek yang akan diteliti dan disesuaikan dengan kerangka teori yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan dilihat dari beberapa judul poster yang ada di hotel Madani Medan antara lain Poster Peket Promosi, Poster Lokasi Ruangan Hotel Madani, Poster Bebek Penyet, Poster Teh Tarik, Poster Arisan Package, Poster Barbeque Package, Poster Birthday Packege, Poster Pendidikan Islam, Poster Himbauan Kebersihan, Poster Petunjuk Kamar Mandi dan Poster Seminar Pertemuan Para Pakar masih banyak yang tidak sesuai dengan aspek-aspek desain dalam pertimbangan nilai tingkat kemudahan dalam membaca dan keindahan  dari desain posternya.

Dilihat dari beberapa judul poster berdasarkan aspek desainnya yang ada pada poster hotel Madani Medan tersebut judul poster petunjuk kamar mandi dan poster seminar pertemuan para pakar yang terlihat sangat tidak sesuai dengan aspek desain yang ada.

Kemudian jika dikategorikan kedalam hitungan persen, 45% poster yang ada di hotel Madani Medan dikatakan baik karena sesuai dengan aspek desain, 45% dikatakan cukup baik dan yang 10% lagi dianggap tidak baik. Hal ini menunjukkan poster yang ada di hotel Madani Medan kurang efektif terhadap bentuk desain dan isinya jika dilihat dari aspek desain grafis komputer.

Kata Kunci: desain, poster, grafis komputer


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v2i1.1033

Article Metrics

Abstract view : 1633 times
PDF - 19 times

Copyright (c) 2013 Leily Fajariah Sinaga dan Fuad Erdansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License