PENCIPTAAN DESAIN DEKSTOP WALLPAPER BERNUANSA ISLAMI DENGAN MOTIF ORNAMEN MELAYU SUMATERA UTARA DAN KALIGRAFI ARAB

Auldra Juwanika

Abstract


Penciptaan karya dengan media grafis komputer ini memiliki tujuan untuk mensosialisasikan kembali motif ornamen melayu sumatera utara dan kaligrafi arab dengan pembuatan desain dekstop Wallpaper bernuansa islami, serta menguraikan dan menjelaskan bagaimana proses pembuatan karya yang diciptakan mulai dari awal hingga selesai, Karya yang diteliti berjumlah 8

Kaligrafi Arab dan ornamen melayu Sumatera Utara sangat berpotensi untuk dijadikan hiasan pada bermacam-macam karya. Namun pada saat ini, penggunaannya masih sebatas hiasan dinding dan pada rumah adat saja. Oleh sebab itu, perlu adanya inovasi yang dapat mengangkat nilai-nilai estetis hiasan sekaligus melestarikan kedua bidang tersebut pada karya seni desain grafis komputer. Proses pengerjaan dimualai dari tahap persiapan pembuatan objek dengan menggunakan program Corel Draw dan dilanjutkan dengan pengolahan secara keseluruhan dengan menggunakan Photoshop. Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukkan bahwa tiap proses yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, dengan tanggapan apresiator mendapat nilai rata-rata 4, dan konvensi penilaian A (sangat baik).

Kata Kunci : Dekstop Wallpaper, ornamen melayu, Kaligrafi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v1i1.287

Article Metrics

Abstract view : 230 times
PDF - 6 times

Copyright (c) 2012 Auldra Juwanika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License