Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Keramik Teknik Slab dengan Menggunakan Media Audio Visual di SMAN 1 Dolok Masihul

yasar yasar

Abstract


Peneliti melakukan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaru media Audio Visual dalam meningkatkan hasil pembuatan keramik teknik slab di SMA Negeri I Dolok Masihul. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-a Semester I/Ganjil 2012 yang berjumlah 30 orang.Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara test hasil belajar, instrumen tersebut merupakan hasil test praktikum dengan melakukan pretest terlebih dahulu, kemudian menggunakan siklus-siklus dalam penelitian ini peneliti melakukan 2 siklus penelitian. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 53,95 seteleh melakukan fretest maka peneliti masuk pada bagiansiklus I, pada siklus I nilai rata-rata keramik teknik slab siswa 68,9 . Pada siklus I ini terdapat 15 ( 50 %) siswa/i yang mendapatkan predikat kurang bagus, sedangkan 15 (50%) siswa/i lainnya mendapatkan predikat cukup baik. Dengan demikian dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa/i dalam pembuatan keramik belum mencapai nilai yang maksimal, sehingga perlu diperbaiki pada siklus selanjutnya. Dalam kagiatan di siklus ke II nilai rata keramik teknik slab siswa mencapai 80,72 Pada siklus ke dua ini terdapat 23 (76 %) siswa dari 30 siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori baik. Dan 7 siswa (23 %) mendapatkan nilai cukup baik. Terdapat rentang peningkatan hasil belajar yang cukup maksimal dari siklus pertama sampai pada siklus ke dua. Pada siklus pertama, nilai rata-rata siswa/i adalah 68, 9 sedangkan pada siklus yang kedua nilai rata-rata siswa/i meningkat menjadi 80,72. Terjadi peningkatan hasil belajar yang lebih dari nilai KKM yanga da di sekolah yaitu yaitu 70. Oleh karena itu penelitian ini dianggap telah memenuhi target penilitian yaitu meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri I Dolok Masihul.Kata kunci : Hasil belajar, keramik teknik slab, media audio visual.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v1i1.293

Article Metrics

Abstract view : 173 times
PDF - 1 times

Copyright (c) 2012 yasar yasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License