PENGARUH STRATEGI PEBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR EKSPRESI DI SMP N.2 SEI BAMBAN T.A 2011/2012

Dewi Ana Marsoit

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Kontruktivisme Terhadap Hasil Belajar Gambar Ekspresi di SMP Negeri 2 Sei Bamban. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan sampel berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes menggambar ekspresi.

Teknik analisis data dilakukan dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas  data dan uji homogenitas varians, setelah itu dilakukan uji hipotesis. Hasil uji persyaratan analisis pada uji normalitas data pretest pada kelompok eksperimen yang diajar dengan strategi pembelajaran konstruktivisme diperoleh L0 = 0,133<Ltabel = 1,87 sesuai dengan kriteria penelitian normalitas dengan teknik Lilifors, data berasal dari populasi berdistribusi normal, sedangkan untuk pretest pada kelompok kontrol yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional diperoleh L0 = 0,1212<Ltabel = 1,87 data ini juga berasal dari populasi berdistribusi normal. Pada uji normalitas data postes pada kelompok SPK1 (Strategi pembelajaran konstruktivisme) diperoleh L0 = 0,1928<Ltabel = 1,87 data postest pada SPK2 (kelompok strategi  pembelajaran konvendional) diperoleh L0 = 0,158<Ltabel = 1,87 data ini juga berdistribusi normal.

Pada uji persyaratan analisis uji homogenites varians data pretest diperoleh Fhitung = 1,54< Ftabel = 1,84. Pada kriteria pengujian homogenites varians sampel pretest kelompok SPK1 dan kelompok SPK2 berasal dari populasi yang homogen, sedangkan uji homogenitas data postest diperoleh dan pada kriteria pengujian homogenitas varians sampel data postest dari kedua kelompok juga berasal dari populasi homogen.

Pada pengujian hipotesis diperoleh Fhitung = 0,97<Ftabel = 1,84 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Strategi pembelajaran konstruktivisme terhadap hasil belajar gambar ekspresi di SMP Negeri 2 Sei Bamban.

Kata kunci : Pengaruh strategi pembelajaran konstruktivisme terhadap hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v1i2.385

Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 2 times

Copyright (c) 2013 Dewi Ana Marsoit

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License