Author Guidelines

PEDOMAN PENULIS ARTIKEL GORGA JURNAL SENI RUPA  

PEDOMAN UMUM

Artikel merupakan pemikiran sendiri dan belum pernah dipublikasikan atau sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal lain.

Artikel diketik 1,15 spasi pada kertas A4 dengan menggunakan huruf Time New Roman 10pts dengan jumlah halaman berkisar antara 3-8 halaman, termasuk daftar rujukan.

Artikel secara keseluruhan ditulis dalam Bahasa Indonesia, kecuali abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan dalam Bahasa Indonesia.

Penulis harus merujuk pada tata cara penulisan Gorga : Jurnal Seni Rupa.

Penulis memperoleh tingkat plagiarism dengan pengecekan menggunakan aplikasi Turnitin dengan persentase maksimal 25%.

Artikel dikirim secara elektronik berupa file DOC melalui email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id atau adek_peros@yahoo.com, dan WA +62852 7802 1981.

SUSUNAN MANUSKRIP

Artikel Hasil Penelitian Disusun Dalam Urutan Sebagai Berikut:

Judul (dibuat dengan huruf KAPITAL, ukuran huruf 12pt)

Nama Penulis (dibuat capital awal, Penulis Utama 1*, Penulis Kedua2, dan seterusnya, ukuran huruf 12pt, jika ada tanda bintang menandakan penulis tersebut merupakan korespondensi dari artikel yang akan diterbitkan)

Program Studi, Jurusan, Fakultas/Program Pascasarjana, dan Institusi (dicetak miring, kapital awal, ukuran huruf 10pt)

Alamat Institusi (lengkap dengan Kecamatan, Kab/Kota dank kode pos, Provinsi, Negara, dicetak miring, kapital awal, ukuran huruf 10pt)

Alamat email penulis utama (dicetak miring, ukuran huruf 10pt, merupakan korespondensi artikel ini)

Abstrak Bahasa Indonesia (ukuran huruf 10pt, huruf vertical, maksimal 300 kata)

Abstract Bahasa Inggris (ukuran huruf 10pt, huruf miring, maksimal kata disesuaikan dengan abstrak Bahasa Indonesia)

Kata kunci Bahasa Indonesia (huruf kecil semua, maksimal 5 kata yang diambil dari substansi judul artikel, dibatasi dengan koma masing-masing katanya)

Keword Bahasa Inggris (menyesuaikan dengan Kata kunci Bahasa Indonesia)

Teks tulisan:  Semua teks tulisan ditulis menggunakan huruf Time New Roman ukuran 10pts dengan spasi 1.15. Awal paragraph di enter lurus dengan baris atas. Penulisan singkatan untuk pertama kali muncul dalam teks harus diikuti dengan kepanjangannya. Untuk selanjutnya cukup ditulis singkatan nya saja. Cara penulisan latin, bahasa inggris, bahasa daerah, ditulis dengan huruf miring. Bilangan dari nol sampai Sembilan ditulis dalam kata. Jika tabel atau gambar dikutip maka di dalam narasi ditulis dengan menggunakan huruf awal capital contoh: Tabel 1, Gambar 1. (harus sesuai dengan urutan tabel yang ada di dalam artikel)

Heading: Heading adalah judul untuk setiap bagian di dalam suatu tulisan jurnal seperti pendahuluan, kajian teori, metode penelitian/sub judul, hasil dan pembahasan serta kesimpulan dan saran. Semua heading ditulis dengan menggunakan huruf Time New Roman ukuran 10pts. Setiap huruf awal dari kata dalam heading ditulis dengan huruf besar, tidak diberi nomor dan dicetak tebal dengan posisi disebelah kiri. Apabila ada sub judul dari headings maka diberi nomor dan disusun dengan urutan sebagai berikut: 1,2,3; 1),2),3); (1), (2), (3); a, b,c; a), b), c); (a), (b), (c).

PENDAHULUAN

Pendahuluan: Bagian pendahuluan berisi tentang permasalahan atau konsep atau hasil penelitian sebelumnya yang merupakan dasar dilakukannya penelitian atau pengkajian teori. Pendahuluan juga hendaknya menjelaskan tentang latar belakang dan mengapa topik penelitian penting untuk dilakukan dan diakhir pendahuluan dijelaskan tentang tujuan penelitian atau penulisan.

KAJIAN TEORI

Kajian Teori: Berisi teori-teori pendukung dalam penelitian yang dikutip dari berbagai literatur yang dikutip sesuai dengan aturan yang berlaku ada nama penulis, tahun buku dan halaman buku, kutipan wajib berasal dari jurnal online.

METODE PENELITIAN

Metode: Metode harus menjelaskan tentang tahapan penelitian secara rinci dan jelas, termasuk metode dan desain penelitian serta instrument atau alat ukur yang digunakan. Khusus untuk artikel kajian teori pada bagian ini berisi sub judul-sub judul (jumlah sub judul disesuaikan dengan kebutuhan).

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil dan Pembahasn: Bagian ini menyajikan informasi tentang temuan dan hasil penelitian. Data tentang hasil penelitian dapat disajikan dalam bentuk tabel, gambar maupun grafik yang diberi keterangan. Tata cara penulisan tabel akan dijelaskan secara tersendiri. Pada bagian ini pula dikemukakan pembahasan yang menjelaskan keterkaitan antara hasil penelitian dengan teori, tujuan penelitian, serta perbandingan dengan penelitian lain yang telah dipublikasikan. Pembahasan juga menjelaskan implikasi atau kontribusi temuan bagi ilmu pengetahuan.

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan dan Saran: Bagian ini menyajikan kesimpulan dari hasil penelitian secara ringkas disertai dengan saran-saran yang ditujukan untuk peneliti selanjutnya atau para pembaca secara umum.

 DAFTAR RUJUKAN

(Menggunkan mazhap APA)

(Apa yang ada di daftar rujukan harus ada dikutipan artikel dan sebaliknya, jangan mengambil daftar rujukan yang ada di dalam skripsi, tesis, dan disertasi, hanya yang dikutip di dalam artikel saja)

Daftar Rujukan: Pustaka yang ditulis dalam daftar rujukan hanya yang benar-benar dikutip dalam tulisan dan sebaliknya. Daftar rujukan ditulis berurutan secara alfabetis dengan tata cara penulisan sebagai berikut

a. Untuk buku yang ditulis oleh penulis lebih dari tiga orang

Bellon, J.J., Bellon, E.C., & Blank, M.A.  at al. (1992). Teaching from a research knowledge base: A development and renewalprocess. New York: Macmillan Publishing Company.

b. Untuk buku yang ditulis oleh dua orang

Cole, P.G., & Chan, L.K.S. (1994). Teaching principles and practice.2nd Edition. New South Wales, Australia: Prentice Hall.

c. Untuk buku yang ditulis oleh satu orang

Cullingford, C. (1995). The effective teacher. New York: Cassell.

d. Untuk sumber yang ditulis oleh departemen

Kementrian Pendidikan Nasional. (2012). Panduan kebijakan pengembangan guru professional. Jakarta.

e. Untuk sumber dari tesis atau disertasi

Setiadi, R. (2006). Indonesian literacy teachers self-efficacy and its relationship to year 8 student achievements in reading and writing. Thesisi. Melbourne: Monash University.

f. Untuk sumber dari jurnal

Kang, S. (2010). Multicultural education and the rights to education of migrant children in South Korea. Educational Review, 62(3), 287-300.

g. Untuk sumber dari  internet

Solis, A. (2009). Pedagogical content knowledge. Diunduhpada 30 Agustus 2013. [Online]. di www.indra.org/IDRSNewsletter.