MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DI KELAS X SMK NEGERI 1 SIABU

WIZMAN .

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran learning cycle pada mata pelajaran Elektronika di kelas X-TO2 SMK Negeri 1 Siabu tahun pembelajaran 2013/2014. Model pembelajaran learning cycle berdampak positif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa, sebagaimana pada siklus I aktivitas siswa yang paling dominan adalah menulis/membaca yaitu 37% mengalami penurunan menjadi 29% pada siklus II. Aktivitas mengerjakan LKS 21% meningkat menjadi 43%. Bertanya pada teman 12% meningkat menjadi 22%. Bertanya pada guru 15% menurun menjadi 4%. Yang tidak relepan dengan KBM 15% menurun menjadi 3%. Dari pree test diketahui hasil belajar rata-rata siswa 37,7 dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 20, ketuntasan klasikal 4,65%. Setelah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle hasil belajar siswa pada formatif I (siklus I) rata-rata 71,6 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40. Dan hasil belajar pada formatif II (siklus II)  rata-rata 84,2 nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 55,81% dan pada siklus II meningkat sebesar 90,69%.

 

Kata kunci: Hasil belajar, learning cycle, pelajaran elektronika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v1i2.1259

Article Metrics

Abstract view : 269 times
PDF - 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 WIZMAN .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.