MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DI KELAS X SMK NEGERI 1 SIABU
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran learning cycle pada mata pelajaran Elektronika di kelas X-TO2 SMK Negeri 1 Siabu tahun pembelajaran 2013/2014. Model pembelajaran learning cycle berdampak positif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa, sebagaimana pada siklus I aktivitas siswa yang paling dominan adalah menulis/membaca yaitu 37% mengalami penurunan menjadi 29% pada siklus II. Aktivitas mengerjakan LKS 21% meningkat menjadi 43%. Bertanya pada teman 12% meningkat menjadi 22%. Bertanya pada guru 15% menurun menjadi 4%. Yang tidak relepan dengan KBM 15% menurun menjadi 3%. Dari pree test diketahui hasil belajar rata-rata siswa 37,7 dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 20, ketuntasan klasikal 4,65%. Setelah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle hasil belajar siswa pada formatif I (siklus I) rata-rata 71,6 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40. Dan hasil belajar pada formatif II (siklus II) rata-rata 84,2 nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 55,81% dan pada siklus II meningkat sebesar 90,69%.
Kata kunci: Hasil belajar, learning cycle, pelajaran elektronika
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v1i2.1259
Article Metrics
Abstract view : 269 timesPDF - 105 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 WIZMAN .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.