PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI BERBASIS KARAKTER PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN IPA DI PROGRAM STUDI PGSD UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Abstract
Abstrak
PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) merupakan salah satu program studi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan yang akan menghasilkan calon-calon guru di sekolah dasar. Di program studi PGSD setiap mahasiswa memiliki kewajiban untuk mengambil mata kuliah pendidikan IPA sebagai bekal bagi mahasiswa untuk memberikan materi IPA di tingkat Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini ingin menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai karakter kepada mahasiswa melalui model pembelajaran simulasi, dan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan proses pembelajaran pendidikan IPA di SD. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengikuti alur yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model pembelajaran simulasi dapat membangun nilai-nilai karakter mahasiswa. Dari hasil penelitian ini juga dapat dilihat bahwa dengan menerapkan model pembelajaran simulasi perkembangan kualitas karakter mahasiswa sejalan dengan perkembangan kemampuan mahasiswa dalam melakukan pembelajaran IPA di SD
Kata kunci : Karakter, Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan IPA di SD
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v1i1.1348
Article Metrics
Abstract view : 258 timesPDF - 604 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 NURHAIRANI .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.